oleh

Wisuda Unipa Maumere, Bupati Sikka Ajak Para Sarjana Kreatif dan Inovasi

-METRO-74 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutannya pada acara wisuda sarjana dan diploma Universitas Nusa Nipa Maumere Tahun Akademik 2019/2020, Sabtu,(7/11/2020) menegaskan, agar para lulusan sarjana harus mampu berkreasi dan inovasi, untuk memanfaatkan potensi SDA yang dimiliki oleh Sikka saat ini.

“Saya sangat berharap, agar para lulusan perguruan tinggi kita, harus terus meningkatkan kualitas, kompetensi, kreativitas dan inovasi, sebagai wujud nyata atas tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, bangsa, negara dan umat. Kita perlu terus belajar, belajar dan belajar untuk semakin maju, serta hidup cerdas dan sehat tanpa narkoba,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Orang Nomor Satu di Sikka ini pun menyampaikan proficiat kepada segenap wisudawan dan wisudawati atas diwisudanya mereka menjadi sarjana.

Dalam kesempatan itu, tak lupa pula, Bupati Robi Idong, sapaan akrabnya, mengucapkan selamat berbahagia kepada para orang tua dan wali, yang sekian tahun berkerja banting tulang, dengan jerih lelah selama ini, sehingga hari ini terbayarkan semuanya.

“Selama menempuh pendidikan tinggi, telah memperoleh dan menyerap banyak Ilmu pengetahuan, teori dan pengalaman intra dan ekstra kampus. Untuk itu, diharapkan ke depannya menjadi bekal untuk diterapkan  dan dikembangkan di jalan yang benar dan bermanfaat, sesuai dengan pilar kecerdasan, cara pandang, dan pola pikir  yang dapat  mencerminkan gelar akademik yang disandangnya,” tegasnya.

Dia pun sangat berharap agar, dengan gelar ini, masing-masing sarjana memiliki komitmen yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya, serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas dan etika, cerdas dan berbudi luhur, berakhlak mulia dan bermanfaat bagi diri sendiri & masyarakat sebagai cerminan hidup.

Untuk mendukung hal itu, lanjut Bupati, pemerintah daerah telah melaksanakan kebijakan daerah dalam meningkatkan kualitas SDM, dengan jalan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat dalam bidang pendidikan, diantaranya dana pendidikan berupa pemberian beasiswa bagi mahasiswa aktif asal Kabupaten Sikka yang berprestasi dengan IPK 3.00.

“Mahasiswa yang akses dana Pendidikan sejak tahun 2019 hingga tahun 2020, sudah sebanyak 3.308 mahasiswa. Selain beasiswa untuk mahasiswa umum, juga beasiswa khusus dokter dan dokter ahli,” tegasnya.

Bupati juga dalam kesempatan itu memaparkan, target pencapaian bidang kesehatan, peningkatan ekonomi produktif masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan di bidang perikanan, pertanian serta penguatan ekonomi rakyat, termasuk juga dengan bidang pariwisata.

Dia juga mengatakan, pemerintah juga tengah melakukan upaya kerjasama dengan beberapa kabupaten di Flores guna menumbuhkembangkan ekonomi antar daerah.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya