oleh

Waspada, Bahaya Rabies Mulai Meluas!

-DIKKES-903 views

MAUMERE, MN- Penularan penyakit rabies beberapa pekan terakhir, mulai meluas hingga ke beberapa wilayah di Kabupaten Sikka.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Maumere News, terdapat 16 titik dalam wilayah Kabupaten Sikka. Yang lebih diwaspadai, yakni salah satu titiknya sudah masuk ke wilayah Kota yakni Kelurahan Kota Baru Kecamatan Alok Timur.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bernadina Sada Nenu, M.Ph, yang berhasil dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (16/7/2019) mengaku, terkait dengan penyebaran penyakit rabies, Dinas Kesehatan saat ini hanya melakukan penanganan terhadap para penderitanya.

“Yang saat ini kami tangani yakni melakukan penanganan terhadap sejumlah pasien. Ada sekitar 700 pasien yang tersebar di beberapa Puskesmas yang kami tangani. Dari 700 pasien tersebut, 2 orang dinyatakan telah meninggal dunia,” akunya.

Menurut dia, penanganan yang mesti dilakukan selain penanganan terhadap para penderita, tetapi yang lebih penting adalah intevensi terhadap penyebabnya, yakni melakukan penanganan terhadap 22 ekor anjing yang saat ini sedang menyebar ke beberapa titik di wilayah Sikka, termasuk salah satu titiknya yakni sudah masuk ke Kota Maumere.

Terdapat 16 titik penyebaran yang positif terkena dampak rabies yakni, Desa Bola Kecamatan Bola, Desa Nita dan Riit di Kecamatan Nita, Desa Habi di Kecamatan Kangae,  Desa Kokowahor dan Waiara di Kecamatan Kewapante, Desa Egon, Pogon, Hoder, dan Wairblerer di Kecamatan Waigete, Desa Nenbura di Kecamatan Doreng, Desa Iligai dan Lela di Kecamatan Lela, Desa Koting A dan Koting B di Kecamatan Koting, dan Kelurahan Kota Baru di Kecamatan Alok Timur.(SON-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya