oleh

Warga Desa Kara Kabu Sikka Minta Akses Jalan dan Air Bersih

-EKBIS-164 views

MAUMERE, MN- Warga di Desa Persiapan Kara Kabu Kecamatan Nita Kabupaten Sikka, meminta pemerintah agar dapat memperhatikan akses jalan menuju desa mereka.

Pasalnya akses jalan yang mereka gunakan selama ini, kondisinya sudah rusak.

Bukan hanya itu, mereka juga meminta agar pemerintah daerah dapat membantu penyediaan sarana air bersih untuk mereka.

Hal itu disampaikan beberapa warga desa, saat kunjungan kerja Ketua DPRD Sikka, Donatus David ke wilayah tersebut, Selasa (28/4/2020).

Salah seorang warga Desa Persiapan Kara Kabu, Yohanes, dalam keterangannya mengaku, akses jalan ini sejak beberapa tahun lalu memang sudah mulai rusak.

“Kami merasakan kesulitan, apalagi untuk mencapai akses pasar ke Kota Maumere. Untuk air bersih memang, jaringan pipanya sudah 2 tahun lamanya dipasang, namun hingga saat ini airnya belum mengalir,” ujar Yohanes yang mengaku sebagai Kepala Dusun di wilayah tersebut.

Sementara itu, Bernardus, salah seorang warga lainnya dalam keterangannya pun mengaku, hasil komoditi khususnya sayur mayur di desa ini cukup banyak, namun karena terkendala akses transportasi tersebut menyebabkan biaya transportasi menjadi tinggi.

Sekedar diketahui, Dusun Detung Likong adalah kawasan penghasil sayur sayuran yang selama ini dipasarkan di Pasar Alok Kota Maumere.

Pantauan wartawan, jenis sayuran yang ditekuni oleh sebagian petani di desa itu yakni wortel, labu, buncis, tomat dan cabai.

“Kalau panen tiba, kami jual ke Maumere sampai berton-ton jumlahnya. Cuma masalah jalan dan air bersih ini yang menghambat usaha ekonomi produktif kami,” akunya.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya