oleh

Warga 4 Dusun di Koro Bhera Sikka, Minta Pemkab Sikka Bangun Jembatan

-EKBIS-809 views

MAUMERE, MN- Warga 4 dusun di Desa Koro Bhera Kecamatan Mego Kabupaten Sikka, selama hampir belasan tahun lamanya sulit menyebarang sungai kecil yang menghambat menuju desa mereka. Jembatan gantung yang dibangun sejak 20 tahun lalu itu tidak representatif dan mulai rusak termakan usia.

Beberapa papan yang menjadi penyangganya sudah tiada. Karena warga setempat menggantikannya dengan batang kelapa sebagai penggantinya.

Meski jembatan gantung itu dibangun untuk akses masyarakat, namun juga digunakan oleh para pengendara untuk melintas.

Robert Reu, salah seorang warga Desa Ubamoro dalam keterangannya kepada Maumere News, Kamis (2/1/2020) mengatakan, terdapat sebanyak 4 dusun di Desa Ubamoro yakni dusun Ubamoro, Magetake, Mbaa Laba dan Wara.

“Jumlah warga di sini sekitar hampir 1000 jiwa. Benar, bahwa jembatan itu sebenarnya dibangun untuk akses warga. Tapi karena sudah terlalu lama sehingga mulai rusak. Kami menggantikannya secara swadaya selama ini,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, karena tiada akses lain, sehingga sebagian besar pengendara sepeda motor pun menggunakannya.

“Kalau selama ini memang kendaraan roda selalu ikut di jembatan ini. Tapi sebenarnya kendaraan bermotor tidak diperbolehkan. Yah, mau bilang bagaimana lagi jembatan itu merupakan satu-satunya akses,” akunya.

Dia mengakui, jika selama ini kendaraan roda empat bisa masuk ke desa jika tidak banjir.

“Kalau kondisi seperti ini maka tidak mungkin kendaraan roda empat bisa masuk ke sana karena sudah banjir besar. Untuk itu, kalau bisa pemerintah bisa membantu akses ini agar membantu kami,” pintanya.

Dia mengaku, belum adanya jembatan maka hasil produksi pertanian, perkebunan dan keluatan warga di 4 dusun tersebut harus menggunakan jasa ojek.

“Kalau ada ikan yang kita tangkap di Dusun Wara, terpaksa kita pikul dan berjalan kaki. Atau bisa juga dengan ojek, tetapi ojeknya sangat mahal sampai 20.000,” ujar Rafi, salah seorang warga Dusun Wara kepada Maumere News saat dikonfirmasi, Kamis (2/1/2020).

Dia juga sangat berharap kepada pemerintah daerah, agar membangun jembatan penghubung ke 4 dusun tersebut agar memberikan kemudahan bagi mereka untuk meningkatkan ekonomi produktif mereka.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya