oleh

Tutup Festival Koja Doi, Bupati Sikka: 50 Kamar Home Stay Siap Dibangun

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, dalam sambutannya pada acara penutupan Festival Koja Doi di Desa Koja Doi Kecamatan Alok Timur mengatakan, pemerintah daerah akan segera membangun 50 kamar untuk wisatawan di desa tersebut.

“Desa Koja Doi ini ke depannya kita akan kembangkan menjadi Desa Wisata Bahari. Menuju ke desa wisata bahari, tentunya infrastruktur dasar mesti kita siapkan untuk menunjang konsep pengembangan ini. Untuk itu, sebanyak 50 kamar untuk wisatawan akan kita bangun di sini. Tetapi konsep ini, masih kita gunakan rumah penduduk. Kita kembangkan berbasis home stay,” ujarnya.

Bupati mengatakan, selain mengembangkan home stay, ke depannya juga akan dikembangkan kembali budidaya rumput laut di kawasan perairan Koja Doi.

“Saya semalaman tidur di sini dan banyak hal yang sudah saya dengar dari masyarakat. Untuk itu, pemerintah ke depannya akan mengembalikan masa kejayaan Kojadoi dengan rumput lautnya. Ketika rumput laut ini dikembangkan, maka diharapkan ekonomi masyarakat pun akan meningkat,” tegas Bupati yang sangat dekat dengan masyarakat kecil ini.

Bupati juga menambahkan, untuk pengembangan rumput laut, bisa digunakan dana kredit usaha rakyat (KUR) yang dikucurkan melalui bank=bank yang ada di Sikka.

“Kami akan bekerjasama dengan bank atau lembaga keuangan lainnya untuk menyalurkan KUR ke sini. Itu akan dipergunakan sebagai modal. Kita juga sangat berharap agar dana desa pun bisa digunakan untuk program budidaya ini, selain itu ada juga dana dari APBD. Jadi kita sharing bersama untuk pengembangan budidaya rumput laut ini,” imbuhnya.

Berkaitan dengan pengembangan wisata bahari Koja Doi, Bupati juga sangat berharap dukungan dari mitra terkait pemerintah lainnya, untuk bersama-sama gotong royong membangun Koja Doi sebagai kawasan wisata bahari pada tahun 2020 mendatang.(MAR/REN-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya