oleh

Tinjau Dagamage, Bupati Sikka Minta PUPR Normalisasi DAS

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, pada saat meninjau dari dekat ambruknya jembatan Dagamage di Desa Kolisia Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka, Rabu (8/1/2020) meminta kepada Dinas PUPR agar segera melakukan normalisasi daerah aliran sungai (DAS) pada kali tersebut.

Sebelumnya, jembatan Dagamage putus disebabkan karena hempasan air banjir yang melanda wilayah itu, Minggu (5/1/2020). Akibatnya, arus transportasi dari dan ke Maumere menjadi terhambat.

Bupati menambahkan, sebelum dilakukan normalisasi, terlebih dahulu dilakukan survey ke lokasi, karena sumber airnya pada saat banjir dari pegunungan Magerepu.

“Kalau sudah dilakukan survey, barulah dibuatkan normalisasi, sehingga air banjirnya dapat mengalir dengan lancar dan tidak menghantam jaringan jalan ini. Kita akan lakukan secara bertahap, untuk saat ini kita lakukan jangka pendek, sementara jangka panjangnya harus kita koordinasikan dengan instansi teknis terkait,” ujarnya.

Orang Nomor Satu di Sikka ini pun menyarankan, jika dalam survey tersebut tidak dapat dikurangi aliran airnya maka ke depannya perlu dipikirkan untuk membangun bendungan agar bisa mengaliri daerah persawahan di sekitar lokasi tersebut.

Pantauan Maumere News, meski jembatan tersebut putus dan menghambat arus lalu lintas dari Maumere ke Magepanda, namun aktivitas kendaraan tetap berjalan normal.

Sejumlah aparat dari Polres Sikka pun diterjunkan untuk membantu aktivitas masyarakat di kawasan itu.

Sementara, beberapa alat berat, saat ini sudah diterjunkan untuk melakukan normalisasi kali di jembatan tersebut.(REN-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya