oleh

Tekan Tingginya Angka Pencurian, Polsek Alok Sikka intensifkan Pengawasan

-HUKRIM-884 views

MAUMERE, MN- Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Alok Sikka terus mengintensifkan pengawasan dalam rangka untuk menekan tingginya angka pencurian di wilayah hukum Polsek Alok. Pengawasan itu dilakukan dengan patroli serta pemantauan di titik-titik rawan di dalam Kota Maumere.

Kapolsek Alok, Ipda Harry R. Arsa, S.Tr.K yang ditemui Maumere News, Jumat (18/10/2019) di ruang kerjanya mengatakan, terhitung sejak 8 bulan terakhir, data menunjukan bahwa angka kriminal yakni kasus pencurian masih menempati urutan pertama, diikuti oleh kasus penganiayaan dan pengeroyokan.

“Upaya yang kita lakukan tentu banyak cara, salah satunya yakni melakukan patroli rutin. Jadi masyarakat Kota Maumere ini pada saat tidur, kami tidak tidur. Patroli kita lakukan pada jam-jam tertentu sesuai dengan tingkat kerawanan. Kita juga melakukan pengawasan secara kontinyu, pengawasannya seperti apa, kan itu tidak boleh kami sampaikan. Intinya, kita langsung mengambil tindakan kepolisian jika di lapangan kita temukan kasus,” jelasnya.

Selain melakukan dua hal tadi, jebolan Akpol ini pun mengaku, pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi.

“Kalau sosialisasi ini, sebagian besar yang sudah kita lakukan adalah menyambangi sekolah-sekolah. Karena ketika kita melakukan hal ini, ada tindakan antisipatif bagi anak muda kita, agar mereka yang duduk di bangku sekolah tidak terpengaruh dengan tindakan kriminalitas yang akan membahayakan masa depannya,” tegas Kapolsek lagi.

Disinggung soal sejumlah wilayah seperti Jalan lingkar luar yang sering rawan terjadinya tindak pidana kriminal di kawasan itu, kata dia, ada beberapa kawasan yang sudah ditetapkan sebagai daerah rawan dan itu dilakukan patroli dan pengawasan secara kontinyu.

Dia juga menambahkan, kasus pencurian ini sebenarnya tidak akan terjadi jika masyarakat pun tidak lalai dalam menempatkan berharga milik mereka. Karena kejahatan itu bukan hanya datang dari niat pelakunya, tetapi juga peluang yang diberikan oleh korban.

“Sudah beberapa pelaku kriminal yang berhasil kita bekuk. Untuk itu, pengawasan dan penyelidikan tetap kami laksanakan untuk menciptakan kondisi Kamtibmas di wilayah Polsek Alok agar tetap aman dan kondusif,” tambahnya. 

Dia juga sangat berharap agar, setiap persoalan yang terjadi di wilayahnya masing-masing tidak bisa ditangani oleh masyarakat sendiri, akan tetapi melaporkannya ke Polsek Alok untuk segera ditindaklanjuti. (SON/MAR-R1)

 

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya