oleh

Tahun Depan, Pemkab Sikka Bangun Sekolah Nusantara

-DIKKES-730 views

MAUMERE, MN- Perhatian pemerintah kabupaten Sikka untuk mendorong pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan, semakin gencar dilakukan. 

Selain menganggarkan sedikitnya Rp. 5,7 miliar di tahun 2019 ini untuk program beasiswa kepada 600 mahasiswa di beberapa kota studi termasuk di Maumere, tetapi juga akan membangun sekolah Nusantara yang rencananya akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

“Kita sudah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk dengan Kodim dan Polres, Kejaksaan dan Pengadilan agar melalui Forkompomda kita membangun sekolah Nusantara di Maumere. Kenapa sekolah ini harus ada di Maumere? Karena kita mau menghadirkan kualitas sumber daya manusia Sikka yang lebih baik. Ini sekolah Taruna yang berprestasi. Kita akan terima 50 siswa saja setiap tahunnya dan mendidik mereka untuk diarahkan ke sekolah kedinasan,” jelas Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, di depan ratusan aparat desa saat Rakor Pilkades Serentak yang berlangsung di aula kantor Bupati Sikka, Selasa (15/10/2019).

Dikatakan, sumber daya manusia Sikka memiliki prestasi akademik yang sangat baik, namun terbentur pada ekonomi orangtua, generasi muda Sikka salah memilih jurusan dan akhirnya berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran di Sikka.

“Sekolah ini akan menciptakan generasi Sikka yang mampu bersaing dengan sekolah yang ada di Jawa. Kita akan dorong mereka masuk ke Akpol, Akmil, penerbangan, Jaksa atau Hakim. Saya yakin dan percaya, 10 sampai 15 tahun lagi sudah ada Jenderal dari Sikka,” tegas Bupati Idong disambut auplos seluruh peserta kegiatan tersebut.

Bupati Idong lebih lanjut mengatakan, dengan lembaga pendidikan seperti ini, maka diharuskan para orangtua mulai dari saat ini memperhatikan pendidikan anaknya, karena kesempatan hanya 50 siswa saja per tahunnya.

Dia juga menambahkan, mulai dibuka tahun depan, pemerintah akan menggunakan gedung Caritas atau eks ABA untuk dijadikan sebagai lokasi kegiatan belajar mengajar untuk sementara waktu, sambil akan memikirkan pembangunan gedung sekolah yang baru lengkap dengan asramanya.

“Kami hanya mau supaya ke depan, Sikka ini tidak hanya hebat di politik saja, tetapi juga hebat di semua bidang, jenderal di angkatan, pilot yang bagus, profesor yang terkenal, serta masih banyak bidang keilmuan yang dibutuhkan saat ini adalah dari anak-anak Sikka,” tutupnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya