oleh

Sopir Angkot di Maumere Tertib Saat Ada Petugas

-SOSBUD-948 views

MAUMERE, MN – Perilaku para sopir angkutan umum di terminal Lokaria semakin meresahkan dan membahayakan pengguna jalan dan juga dirinya sendiri.

Pasalnya, para sopir angkutan umum tersebut mengambil dan menurunkan penumpang bukan didalam area terminal di wilayah timur tersebut, namun lebih memilih memarkir kendaraannya diluar area terminal, tepatnya di pertigaan jalan masuk menuju areal terminal Lokaria dan saling berebutan penumpang demi mengejar setoran kepada pemilik angkutan.

Kondisi ini membuat petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka turun ke lokasi guna menertibkan kendaraan angkutan umum, agar mengambil dan menurunkan penumpang didalam areal terminal penumpang sebagaimana layaknya terminal penumpang.

Berdasarkan pantauan Maumere News beberapa waktu lalu,saat petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka menertibkan aktifitas angkutan di terminal Lokaria, tampak semua pengendara angkutan umum baik angkutan pedesaan maupun angkutan kota, dengan tertib masuk dan melakukan aktifitas angkutan didalam area terminal.

Namun, pada saat petugas Dinas Perhubungan tidak berada dilokasi, kondisi tersebut terulang lagi dengan alasan daya tampung terminal yang kecil dan lebih mudah mengambil penumpang diluar areal terminal.

Salah satu pengemudi angkutan umum yang enggan menyebutkan namanya kepada Maumere News mengatakan, mereka terpaksa parkir diluar terminal karena lebih mudah mengambil penumpang.

“Lebih cepat kalau diluar terminal. Kalau didalam itu sempit sekali. Kita mau putar oto juga kadang susah,” ungkapnya.

Salah satu warga disekitar terminal Lokaria menyebutkan, kondisi tersebut sudah berlangsung lama. Para pengemudi mobil angkutan lebih mementingkan setoran dari pada keselamatan mereka, penumpang dan pengguna jalan.

“Mereka lebih pilih setoran dari pada nyawa mereka. Mereka itu tertib kalau ada petugas Dinas Perhubungan jaga. Kalau petugas sudah pulang, mereka parkir lagi pertigaan sana,” tutur salah satu warga Lokaria yang enggan menyebutkan namanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka, Wilhelmus Sirilus, saat dikonfirmasi Maumere News melalui telepon genggamnya pada Kamis (01/08/19) terkait masalah tersebut mengatakan, pihaknya telah melakukan penertiban kendaraan di termimal lokaria dengan menurunkan beberapa personel untuk menjaga arus lalu lintas dan aktifitas diterminal Lokaria.

“Kami sudah turun ke terminal dan lakukan penertiban. Dan kami akan terus tertibkan kendaraan-kendaraan itu supaya tidak boleh parkir lagi diluar terminal. Semuanya harus tertib supaya tidak membahayakan diri sendiri dan penumpang,” ungkapnya.

Namun, dirinya juga menyesalkan perilaku pada pengemudi angkutan umum yang tertib hanya pada saat petugas berada di lokasi.

“Perilaku sopir-sopir kita ini yang buat kita kewalahan. Saat ada petugas, mereka tertib. Saat petugas tidak ada, mereka buat lagi. Paginya, saat ada petugas itu semuanya ikut aturan, saat sore saya cek, mereka parkir lagi diluar,” tambah Sirilus

Lebih lanjut, Kadis Perhubungan tersebut mengatakan, pihaknya akan terus berusaha untuk melakukan upaya penertiban kendaraan di terminal Lokaria. (ACQ-R2)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya