oleh

Solor Sepantasnya, Dikembangkan Ekowisata

-SOSBUD-905 views

LARANTUKA, MN– Pulau Solor, saat ini sudah sepantasnya dikembangkan ekowisata. Pengembangan itu dimaksudnya untuk mendukung pengembangan wilayah tersebut menjadi salah satu destinasi pariwisata di Kabupaten Flores Timur.

Pernyataan itu disampaikan Rachmad Soleh, Pengawas Sumber Daya Keluatan dan Perikanan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Wilayah Flotim, saat menjawab pertanyaan wartawan terkait dengan pengembangan keluatan dan perikanan di wilayah Solor, usai melepas 104 tukik di perairan Ritaebang Kecamatan Solor Barat Kabupaten Flotim, Rabu (26/6/2019).

“Kalau sesuai dengan pengamatan kami selama ini, sektor pariwisata di wilayah Solor masih sangat menjanjikan untuk ke depannya. Tinggal bagaimana pengembangannya.

Pengembangan sektor keluatan dan perikanan menjadi pintu masuk bagi pengembangan ekowisata di wilayah ini. Seperti penangkaran penyu yang dimiliki oleh Solor, tidak terdapat di daerah lain se Flotim. Untuk itu, perlu dikembangkan secara berkelanjutan,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, untuk pengembangan sektor perikanan, nelayan Solor masih menggunakan cara-cara tradisional, sementara di wilayah lain sudah menggunakan cara modern namun tetap memoperhatikan kelestarian lingkungan periaran.

“Nelayan-nelayan Larantuka sudah dengan sistim mancing dan dengan perahu-perahu yang besar, begitu pula wilayah Adonara yang sudah menggunakan pukat yang lebih besar. Sementara di Solor masih dengan ukuran skala kecil. Artinya mereka masih memanfaatkan ini hanya untuk kepentingan konsumtif saja, belum berpikir bagaimana bisnisnya. Padahalnya, ikan di wilayah perairan ini sangat banyak, jika dilakukan secara baik. Tentunya ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat nelayan di kawasan ini,” ujarnya.

Dikatakan, ekowisata yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah Solor, seperti di Ritaebang dan Sulengwaseng, perlu dicontohi oleh daerah lain.

“Kita berharap ada wilayah-wilayah lain yang mestinya juga dikembangkan dengan program ini. Perlahan tentunya, kawasan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengembangan pariwisata daerah,” sebutnya.(ANI-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya