oleh

Sikka, Kabupaten Pertama Bayar BPJS Terbesar di NTT

-DIKKES-656 views

MAUMERE, MN- Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Maumere, Santy Parulian, dalam penjelasannya mengatakan, Kabupaten Sikka merupakan kabupaten urutan pertama dan terbesar menanggung jaminan kesehatan bagi warganya. Tercatat sebanyak 67.000 jiwa ditanggung Pemkab Sikka, dari 136 ribu penduduknya.

Hal itu disampaikan Santy, saat kegiatan kumpul bareng bersama teman media yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Maumere. Kegiatan itu berlangsung di Sea World Club Hotel Maumere, Rabu (30/10/2019).

“Kebijakan Bupati ini tergolong Gila, karena mampu melakukan terobosan. Dengan mengusung program penyediaan hak-hak dasar masyarakat, kebijakan ini tergolong langkah di Indonesia,” kata wartawan Senior Maumere, Vicky Da Gomes usai kegiatan tersebut.

Santy dalam penjelasannya juga mengatakan, dari perhatian pemerintah pusat melalui JKN KIS itu, ada juga yang namanya KIS mandiri. 

“Kalau dalam pencapaian JKN KIS ini yakni bagi masyarakat bukan penerima upah, sudah terbayarkan oleh Pemda 100 persen, begitu pula untuk ASN di lingkungan Pemkab Sikka pun sama, sudah 100 persen pembayarannya. Hanya saja, kita saat ini masih terkendala dengan kartu mandiri. Artinya masyarakat belum sadar tentang pentingnya kepemilikan kartu ini. Sehingga mereka sulit melakukan angsuran,” jelasnya panjang lebar.

Terkait dengan persoalan tersebut, lanjut dia, upaya sudah dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Maumere dengan melakukan koordinasi, namun hingga saat ini masih terbentur.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam beberapa kesempatan mengatakan, pemerintah daerah sedang melakukan kajian terhadap mereka yang memiliki kartu jenis Mandiri. Pemerintah pun berencana akan membayar angsuran warga Sikka yang memiliki kartu mandiri.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya