oleh

Sidak di Puskesmas Nita, Bupati Idong Temukan Ruang Tanpa Petugas

-DIKKES-2.195 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo melakukan sidak hari kedua pasca liburan hari raya Natal 2019, Selasa (31/12/2019).

Sidak tersebut dilakukan untuk mengecek dari dekat pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat di moment-moment akhir tahun seperti saat ini.

Pantauan wartawan, Bupati dan rombongan diantaranya Kepala Satpol PP dan Damkar Sikka, Buang Da Cunha serta sejumlah Kabag di lingkup Pemkab Sikka, melakukan sidak di dua puskesmas yakni Puskesmas Koting dan Puskesmas Nita.

Di Puskesmas Koting, Bupati sempat menemukan aktivitas para tenaga medis tersebut melakukan pelayanan kesehatan kepada para pasiennya.

Namun saat mendatangi Puskesmas Nita, kondisi Puskesmas itu sepi dan tanpa petugas yang berada di ruang mereka masing-masing. Padahalnya, hari itu merupakan hari kerja aktif sebagai seorang ASN, apalagi sebagai tenaga medis.

Bupati Idong, nama yang biasa disapa, langsung kecewa terhadap para tenaga medis yang tidak ada satu pun yang berada di puskesmas tersebut.

Kepada Maumere News, Bupati Idong mengungkapkan kekecewaannya. Bahkan dalam pernyataannya, Orang Nomor Satu di Sikka ini mengatakan, sebagai pusat pelayanan kesehatan, seharusnya mereka tidak mesti meliburkan diri.

“Pelayanan kesehatan itu tidak ada liburnya. Olehnya, pemerintah menyediakan sejumlah tunjangan untuk para tenaga medis. Lalu, orang sakit itu pun tidak mengenal libur. Kalau ada yang sakit dan datang berobat atau memerlukan pertolongan, kepada siapa mereka harus minta tolong, jika petuga tidak berada di tempat?” tegasnya.

Mantan Camat Nele ini pun menambahkan, jika kondisi ini dibiarkan terus menerus maka berdampak pada minimnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Kita hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jika sampai kondisi seperti ini, maka kita sangat berdosa kepada masyarakat. Ini akan menjadi perhatian kita ke depannya. Saya akan minta kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk segera melakukan evaluasi terhadap kinerja para tenaga medis ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati dan rombongan menyerahkan bantuan kursi roda kepada kaum difabel di beberapa tempat di Kecamatan Nita dan sekitarnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya