oleh

SDI Hoba Sikka Terus Kembangkan Bakat Siswa

-DIKKES-861 views

MAUMERE, MN- Sekolah Dasar Inpres (SDI) Hoba Kelurahan Nangalimang Kecamatan Alok Kabupaten Sikka, sejak tahun 2016 lalu hingga saat ini. Pengembangan bakat siswa itu dilakukan dengan kegiatan ekstra kurkuler seperti pengembangan tarian tradisional dan alat music tradisional.

Kepala SDI Hoba, Kristina S.Pd, SD yang dikonfirmasi, Sabtu (28/9/2019) mengaku, pengembangan bakat siswa di sekolah yang dipimpinnya merupakan targetnya untuk melestarikan budaya daerah.

“Kami ini sekolah yang berada di pinggiran kota Maumere, namun kami tidak kalah dengan sekolah-sekolah yang berada di Kota. Salah satu upaya yang kami lakukan yakni mengembangkan budaya tradisional di sekolah ini. Sehingga kegiatan ekstra kurikuler, kita manfaatkan sebaik mungkin untuk kegiatan ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan ini melibatkan seluruh siswa dan juga melibatkan semua tenaga pendidik di sekolah ini.

“Memang dalam kegiatan esktra kurikuler itu, terdiri dari beberapa bidang seperti seni dan budaya, bidang pramuka dan bidang olahraga. Tetapi kita lebih focus pada pengembangan seni dan budaya. Untuk kegiatan ini, memang pendanaannya sebagiannya dari dana BOS, tetapi lebih banyak dari dana Komite Sekolah,” akunya.

Dia juga mengatakan, meski siswa-siswi sekolahnya berasal dari beberapa wilayah terjauh, seperti Napun Kabor, Mageteok, Baomerak, Hoba dan Nangalimang, namun mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini pun tentu didukung dengan peran orangtua siswa.  

“Karena kita latihan terus menerus dan setiap Sabtu kita wajib untuk kegiatan itu, sehingga beberapa festival seperti Festival Seni Budaya Nangarasong, Festival Seni Budaya di Gere, sekolah kami mendapatkan peringkat pertama dalam kegiatan ini,” imbuhnya.

Disinggung soal ketersediaan fasilitas pendukung, kata dia, hingga saat ini memang sejumlah fasilitas sudah dimiliki pihaknya, namun masih kurang memadai.

“Mungkin karena sudah terlalu lama dan termakan usia, sehingga sebaiknya diganti dengan yang baru. Untuk itu, kami berharap agar ada uluran tangan dari pemerintah daerah untuk mendukung tersedianya sarana dan prasarana penunjang untuk peningkatan bakat siswa di sekolah ini,” harap Kepala SD yang memiliki 95 siswa ini.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya