oleh

Sah! Flavianus Nong Raga Pimpin PMKRI Cabang Maumere

-METRO-58 views

MAUMERE, MN– Flavianus Nong Raga akhirnya dilantik sebagai Ketua Presidium PMKRI Cabang Maumere Santo Thomas Morus periode 2021/2022, oleh Pastor Moderator PMKRI Cabang Maumere, Pater Remi Hambur, SVD, dalam sidang kehormatan yang berlangsung di Aula Dinas Pertanian, Minggu (31/1/2021).

Dengan pelantikan ini, Flavianus Nong Raga resmi menggantikan Ketua Presidium PMKRI Cabang Maumere periode 2019/2020, Yuni Bara, yang terpilih dalam Rapat Umum Anggota Cabang (RUAC) pada Minggu (24/1/2021) malam.

Usai dilantik sebagai Ketua Presisium, Flavianus Nong Raga kemudian melantik jajaran DPC PMKRI Maumere periode 2020/2021.

Nong Raga dalam pidato pelantikannya mengatakan, sebagai ketua presidium, ia memiliki satu visi yang hendak diperjuangkan yakni menjadikan kader PMKRI Maumere kader yang militan.

Menurutnya, menjadi kader PMKRI yang militan berarti bahwa kita harus masuk ke dalam proses membina diri sekaligus berjuang untuk orang lain, dengan sungguh – sungguh.

“Proses membina diri yang sungguh -sungguh di PMKRI tidak berarkhir dengan MPAB dan MABIM. Itu hanya sebagian. Itu hanya 2 hal dari tahapan pembinaan formal. Masih ada pembinaan non formal dan informal. Militan artinya, sungguh – sungguh berproses di Marga, mempelajari sebanyak mungkin halyang bisa bisa ditemukan di Marga,” ungkapnya.

Aris Raga juga menyoroti soal penanganan COVID-19. Menurutnya, COVID-19 memang nampak membatasi ruang gerak ke luar. Masalah kesehatan dan kemanusiaan ini memang menyita banyak tenaga dan waktu. Perkembangan pembangunan pun terhambat. Tapi itu tidak berarti tak ada hal yang bisa kita lakukan.

“Soal COVID-19 pun kita bisa mempertanyakan pertanggung jawaban pengunaan dananya. Apakah dana itu mengalir sebagaimana mestinya . Artinya ke tempat yang membutuhkan? Atau kah ada kebocoran yang disengajakan, bahkan pemindahan arah aliran dana ini,” ungkap Aris Raga.

Selaku Kapres PMKRI, ia meminta perlu ada tranparansi dan pertanggung jawaban jelas dari Pemkab Sikka terkait penggunaan dana itu.

“Harus ada transparansi dan kejelasan atas itu. Penggunaan dana itu harus dipertanggung jawabkan ke publik! Jangan kita bermain-main dengan dana mengatasnamakan kesehatan dan kemanusiaan.

Presidium PPO PMKRI, Ewaldo Bole mengatakan selaku PP PMKRI, pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena sampai saat ini di tingkat cabang masih konsisten mengadakan kaderisasi dan salah satu buktinya dengan adanya regenerasi kepemimpinan.

Lanjutnya, dalam konteks PMKRI sebagai organisasi perjuangan, kita selalu berada dan menjadi garda terdepan untuk menanggapi berbagai isu sosial kemasyarakatan.

“Yang menjadi perdebatan kritis di tingkat pengurus pusat adalah sesuai dengan visi organisasi kita adalah bagaimana ke depan PMKRI benar – benar bisa memproduksi isu. Bahwa isu yang ditanggapi PMKRI adalah murni, otentik dihasilkan oleh teman – teman PMKRI. Tidak bisa kita pungkiri selama ini justru kita melakukan gerakan berdasarkan isu yang kita dengar dari luar, kemudian kita kaji dan kita bergerak. Kondisi hari ini kita harus mengubah itu. Harus benar – benar lahir dari PMKRI sendiri. Gerakan advokasi baik dari tingkat cabang, regio, maupun pusat harus ditangani PMKRI,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan selamat menjalankan tugas untuk DPC PMKRI Maumere terlantik.

Senior PMKRI Cabang Maumere, Servandus Conterius Paji Pesa dalam sambutannya menyampaikan PMKRI Maumere dalam kepemimpinan Yuni Bara telah melaksanakan Lokakarya cabang terkait silabus pembinaan PMRKI Maumere.

Ada banyak cacatan kritis yang telah disampaikan dalam lokakarya baik itu terkait pendidikan formal, pendidikan non formal maupun pelatihan – pelatihan.

Dirinya berharap DPC periode ini bisa mengesahkan silabus yang ada sehingga bisa dimanfaatkan sebagai model pembinaan khas PMKRI Cabang Maumere.

Ia juga meminta, kepengurusan periode ini bisa memperkuat kapasitas kader melalui berbagai pendidikan non formal, diskusi maupun pelatihan – pelatihan.

Hadir dalam pelantikan ini, Pastor Moderator PMKRI Cabang Maumere, Pater Remi Hambur, SVD, Presidium Pengembangan Organisasi PP PMKRI, Ewaldo Bole, Perwakilan OKP Cipayung Sikka, Wakil Ketua Forkoma PMKRI, Simon Subandi, Rektor Unipa Maumere yang juga alumni PMKRI, Ir.Angelinus Vincentius, M.Si, jajaran alumni PMKRI; Petrus Piter, Irma Paula, Van Paji Pesa, Aryo Adthyo, Yos Bajo, dan puluhan anggota biasa PMKRI Cabang Maumere.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya