oleh

Ribuan Peserta Ikut Seminar Pendidikan Gizi, Bupati Sikka: Mari Tekan Stunting

-METRO-701 views

MAUMERE, MN- Ratusan peserta yang berasal dari pemangku kepentingan dari 3 kecamatan di Kota Maumere dan sejumlah perangkat desa se Kabupaten Sikka, mengikuti seminar pendidikan gizi yang berlangsung di Sikka Convention Center (SCC), Jumat (24/1/2020).

Kegiatan itu diselenggarakan oleh lembaga ‘Indonesia Siap’ yang dimotori Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia dan bekerjasama dengan PT. Frisian Flag, dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke 60.

Kegiatan seminar keliling Indonesia ini, Kota Maumere merupakan Kota ke 15 dari kegiatan ini.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Sikka merupakan daerah dengan tingkat Stunting cukup tinggi saat ini.

“Ini tugas kita bersama bagaimana menekan angka Stunting di Kabupaten ini. Untuk itu, saya sangat berharap kita yang mengikuti seminar ini diharapkan dapat mengaplikasikannya di lingkungan masing-masing. Bagaimana kita memberikan informasi tentang gizi kepada masyarakat kita,” ujarnya.

Bupati Idong, sapaan akrabnya dalam kesempatan itu juga menyebutkan, tingginya angka Stunting di Sikka lebih disebabkan karena tingkat pendidikan kita saat ini 60 persen hanya tamatan SD.

“Dengan tingkat pendidikan yang rendah, tentu sangat berdampak pada gizi buruk di kabupaten ini. Terus terang, gizi buruk dan Stunting merupakan masalah kompleks yang mesti dilaksanakan secara bersama untuk mencari solusinya. Untuk itu, peran serta kita semua sangat dibutuhkan dalam menekan angka Stunting di Nian Tana Sikka,” tegasnya.

Orang Nomor Satu di Kabupaten Sikka ini pun sangat berharap agar asupan gizi dapat mulai diberikan kepada anak sejak 1000 hari pertama kehidupan.

“Mari kita kerja bersama, berupaya bersama untuk mempersiapkan generasi muda Nian Tana Sikka menjadi manusia yang berkualitas untuk membangun Sikka pada masa-masa yang akan datang,” pungkasnya.

Koordinator Indonesia Siap, Martinus Wodon dalam laporannya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Sikka yang sudah merespon pelaksanaan kegiatan ini.

“Luar biasa, hari ini pesertanya cukup banyak. Dalam perencanaan kami hanya melibatkan 3 kecamatan di Kota Maumere, namun hari ini hadir begitu banyak orang dari seluruh desa di Kabupaten Sikka. Mari kita jadikan Sikka semakin sehat,” ujarnya.(MAR/REN-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya