oleh

Rakit Andalan KM Blessing Ryan Angkut Penumpang dan Barang di Solor

-EKBIS-80 views

SOLOR, MN- Walau belum memiliki Jembatan Tambatan Perahu (JTP), tidak membuat crew Kapal Motor (KM) Blessing Ryan menyerah dan pasrah.

Dengan menggunakan  sebuah rakit yang berpelampungkan  beberapa drum plastik, ABK Kapal Motor tersebut menyeberangkan para penumpang  dan barang dari tepian pantai di Dusun Botan, Desa Balaweling I, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur ke Kapal Motor Blessing Ryan.

Aktivitas itu saban hari dilakukan ABK Kapal Motor yang dinahkodai Piet Hayon itu ke tepian pantai di dusun Botan.

“Mau tidak mau, kami harus keluar dari kemelut ini, dari pada harus mengeluh dan berpasrah. Kalau di kampung atau desa kami ini, tidak ada semacam JTP ataupun sejenisnya. Dan sebelum armada ini beroperasi, pemilik armda ini sudah siapkan sarana angkut dalam rupa rakit ini. Dan kami menggunakannya hingga saat ini,” ujar Sanger Werang, salah seorang ABK KM Blessing Ryan pasca menaikkan para penumpang dan barang, Senin (14/9/2020).

Entah sampai kapan mereka menggunakan sarana bantu penyeberangan penumpang dan barang tersebut, toh sebagaimana yang dikisahkan Sanger Werang dan para ABK lainnya.

Bahkan, cerita yang sama pun disampaikan warga di desa ini, termasuk para penumpang dengan tujuan desa Balaweling ke Larantuka dan sebaliknya dari Larantuka ke Balaweling I. Mereka mau tak mau harus beradaptasi dengan sarana rakit itu.

“Tidak saja orang atau penumpang, namun tak ketinggalan bahan bangunan, baik semen, besi maupun seng serta sepeda motor pun kami muat dengan rakit ini. Kalau orang tempatan (warga desa Balaweling I) sih, sudah biasa naik turun dengan rakit ini. Namun bagi yang belum terbiasa, kami para ABK pun harus ekstra hati-hati menurunkan dan menyeberangkan mereka ke darat, maupun ketika dari darat ke kapal motor ini,” ungkap Sanger Werang bernostalgia tentang pelayanan armada KM Blessing Ryan tersebut.

Kapal Motor penumpang milik Wiwin Niron itu, melayani rute Ritaebang-Balaweling I-Larantuka PP di hari Senin hingga Sabtu.

Dan setiap kali berlabuh di perairan dusun Botan, Balaweling I baik dari JTP Ritaebang maupun dari Larantuka, aktivitas rakit, selalu menjadi perhatian menarik bagi para penumpang.(GOE-RI).

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya