oleh

Prajurit Koramil 1624-03 Lewoleba dan Polres Lembata Gesit Evakuasi Warga

-NUSANTARA-188 views

LEWOLEBA, MN- Ditengah kepanikan warga akibat erupsi Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata,Minggu (29/11),pasukan TNI dan Polri hadir menyelamatkan warga ! Gerak cepat prajurit Koramil 1624-03 Lewoleba dan anggota Polres Lembata ,warga di sejumlah desa yang bermandikan muntahan Ile Lewotolok tersebut terevakuasi dengan lancar dan aman.

“Berkat koordinasi,dan sinergitas yang baik,kami bersama pihak Polres Lembata , Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah,Satuan Pol PP,dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, dapat mengamankan warga dari sejumlah desa yang terkena dampak langsung erupsi gunung Ile Lewotolok, pada sejumlah posko pengungsian dalam kota Lewoleba ini,” ujar Danramil 03 Lewoleba, Mayor Chb.Ihsan.

Dia melanjutkan,pasca pihaknya menerima laporan tentang kejadian tersebut,di internal satuannya,Mayor Ishan langsung membagi Tim.Sebagian besar anggotanya diluncurkan sebagai regu evakuator,dan sebagiannya membantu mempercepat pendirian posko-posko pengungsian.

Tak mempedulikan keselamatkan mereka, penduduk –penduduk berusia lansia,buta dan lumpuh, serta anak-anak,digendong mereka dengan penuh kasih, keluar dari hunian yang telah porak-poranda oleh hujan kerikil dan abu vulkanik tersebut.

Ditengah kepanikan ketidakberdayaan warga atas musibah tersebut,ksatria-ksatria negara ini hadir dengan ketulusan cinta mereka, menyelamatkan!

Dari rekapan data, (pukul 15.00 wita), diketahui jumlah warga yang telah terevakuasi ke kota Lewoleba sebanyak 3.767. Mereka berasal dari sejumlah desa di bawah kaki gunung Ile Lewotolok, seperti Bungamuda, Lamawara, Lamagute, Amakaka, Tanjung Batu dan Waowala.

Sementara itu,terkait jumlah sebaran para pengungsi pada posko pengsungsian, inilah rekapannya :di Kantor Bupati lama, Lewoleba Tengah, Kecamatan Nubatukan,terhuni 2.955 Orang. Pada aula Kopdit Angkara, Lamahora, tertempati 32 Orang.

Di Kantor Kelurahan Lewoleba Tengah, terdata ada 140 Orang. Juga di Kantor Desa Tapolangu, Lebatukan, 287 orang.Di kantor Desa Baopana, Lebatukan, terdata 15 orang. Sedangkan di kantor BKD Lamahora, Lewoleba Timur, tercatat sebanyak 338 orang.(GOE-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya