oleh

Polres Sikka Berhasil Ungkap Pencurian Gading Senilai Rp 1 M, 7 Pelaku Diamankan

-HUKRIM-2.448 views

MAUMERE, MN- Aparat Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Sikka berhasil mengungkap, kasus pencurian gading milik Bertha Benta di Desa Hewokloang Kabupaten Sikka, 13 Desember 2019 lalu.

Polisi pun berhasil mengamankan sebanyak 7 pelaku pencurian, masing-masing, LB (33), WR (36), YFL (45), YNF (36), YA (57), ZA (54) dan ENL (35).

Kapolres Sikka, AKBP Sajimin, dalam keterangan persnya kepada sejumlah wartawan di Maumere, Senin (13/4/2020) menyebutkan, berawal dari laporan yang diterima oleh pemilik gadung, Sat Reskrim Polres Sikka langsung membentuk Team Sapurata Polres Sikka yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Sikka.

Dikatakan, penyelidikan langsung dilaksanakan sejak Desember lalu dan kurang lebih 3 bulan lamanya, kita akhirnya berhasil mengungkap dan mengamankan para pelaku dan barang bukti.  

Para pelaku ini berasal dari beberapa daerah di Kabupaten Sikka, termasuk salah satunya adalah warga Desa Hewokloang sendiri. Satu pelaku lainnya berasal dari Flores Timur.

Dikatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, modus operandi pencuriannya dilakukan oleh 5 pelaku, dimana saat ini yang sementara berhasil diamankan adalah 4 orang, sedangkan 1 orang masih (DPO).

Selanjutnya salah satu pelaku menjual gading tersebut ke penadah di Larantuka melalui perantara dengan harga Rp. 750.000.000. 

Petugas juga mengamankan pemilik mobil yang mengantar gading yang bersama sama dengan 2 ( dua ) orang pelaku dari Maumere ke Larantuka.

Barang bukti yang berhasil diamankan, yakni gading dengan panjang 2,12 meter, 4 unit sepeda motor dan 2 unit mobil serta sejumlah barang bukti lainnya.

Kapolres dalam keterangannya juga menyebutkan, pasal yang dikenakan dalam kasus ini yakni pasal 363 (2) jo pasal 55 KUHP sub pasal 362 dengan ancaman 9 tahun penjara dan pasal 480 (1),(2) KUHP dengan ancaman 4 Tahun Penjara.

Pelaku yang diproses saat ini sebanyak 7 orang terdiri  4 orang pelaku yang mencuri barang dan 3 orang membeli barang bukti (penadahnya) pasal 480.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya