oleh

Pohon Tumbang di Jalan, Kapolres Sikka: Hentikan Aksi Pemalakan!

-HUKRIM-639 views

MAUMERE, MN- Memasuki musim penghujan saat ini, kejadian pohon tumbang bisa ditemukan di mana saja. Seperti halnya yang terjadi, Minggu (29/12/2019) di ruas Jalan Trans Flores atau tepatnya di sepanjang jalan Lela menuju Paga Kabupaten Sikka.

Kejadian pohon tumbang akhirnya dijadikan warga setempat sebagai ajang mengais rejeki dengan melakukan pemalakan liar terhadap setiap kendaraan yang lewat.

Kapolres Sikka, AKBP Rickson Situmorang, SIK dalam press releasenya yang diterima Maumere News membenarkan telah terjadinya aksi pemalakan di sejumlah tempat saat kejadian tersebut.

Saat di TKP, Kapolres Situmorang mengakui, dirinya telah mendapatkan praktek pemalakan itu yang dilakukan oleh beberapa warga. Mereka berdalih, mereka sudah memotong pohon yang tumbang, sehingga tidak lagi menutupi akses jalan.

Dalam keterangannya, Kapolres juga mengakui dalam aksi pemalakan itu, warga mem ketentuan setiap kendaraan roda empat ditagih sebesar Rp.30.000 per unit.

Kapolres Sikka mengingatkan masyarakat yang melakukan aksi pemalakan ini agar dihentikan, karena praktek ini sangat meresahkan pengguna jalan.

Saat mengingatkan warga yang melakukan aksi itu, lanjut Kapolres, malah ada warga yang sengaja meletakkan batang pohon di tengah jalan untuk menghalau arus lalu lintas.

Atas peristiwa tersebut, Kapolres lebih lanjut mengatakan, dirinya kembali ke Polsek Paga dan memerintahkan sejumlah personel Polsek Paga untuk menangani aksi pemalakan dan menyingkirkan pohon tumbang yang menghalangi arus lalu lintas Maumere-Ende.

Sekira pukul 18.00 WITA, personel Polsek Paga dipimpin Kapolsek Paga, Personel Sat Lantas dan Sat Sabhara yang dipimpin Kasat Lantas dan Kasat Sabhara, serta Personel BPBD Kabupaten Sikka, akhirnya langsung tiba di TKP dan mengusir warga yang melakukan pemalakan. Mereka juga langsung menyingkirkan pohon tumbang dari ruas jalan.

Sekira pukul 19.00 WITA bangkai pohon tumbang yang menutupi ruas jalan sudah mulai disingkirkan dan arus lalu lintas kembali lancar.

Kapolres juga mengatakan,¬† pohon tumbang yang sudah ditangani oleh Polres Sikka bersama BPBD terdapat di 5 lokasi yakni, 3 Pohon beringin di Ri’ipua Desa Dobo, Kecamatan Mego, 1 batang pohon asam di Desa Paga dan 1 batang pohon kelapa di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya