oleh

PN Maumere Kembangkan VIRAL, Inovasi Layanan Informasi Perkara

-HUKRIM-127 views

MAUMERE, MN- Pengadilan Negeri (PN) Maumere, akhirnya mengembangkan inovasi layanan informasi perkara, pengaduan dan pelayanan PTSP di Pengadilan Negeri Maumere melalui “VIRAL” (Virtual Asisten Pengadilan Negeri Maumere).

Hal itu disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Maumere, Johnicol R. F. Sine, S.H dalam press releasenya yang diterima www.maumerenews.com, Jumat (16/10/2020).

Inovasi layanan ini  sebagai wujud peningkatan pelayanan di Pengadilan Negeri Maumere, khususnya pelayanan informasi terhadap masyarakat pencari keadilan dan pengguna Pengadilan sesuai dengan amanah dari Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 1-144/KMA/SK/I/2011 Tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan Negeri Maumere.

Untuk itu, Pengadilan Negeri Maumere meluncurkan inovasi VIRAL (Virtual Asisten Pengadilan) yaitu pemberian informasi melalui chat WhatsApp. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari inovasi sebelumnya yang telah ada yaitu SWANGGI (SMS Gateway Pengaduan dan Informasi).

Dikatakan, meski sudah dikembangkan, namun dalam pelaksanaannya kurang begitu maksimal karena dari hasil monitoring dan evaluasi menunjukan bahwa dengan kemajuan teknologi, masyarakat lebih banyak menggunakan layanan pengiriman pesan melalui chat melalui Whatsapp dibandingkan menggunakan short message services (SMS).

Masyarakat pencari keadilan dan pengguna Pengadilan dapat dengan mudah menggunakan layanan ini yaitu cukup dengan mengirimkan pesat chat via Whatsapp ke nomor SMS Center Pengadilan Negeri Maumere 0811 3813 771.

Untuk itu, warga bisa mengakses ke PN Maumere  dengan format informasi yang dibutuhkan sebagai berikut, untuk jadwal sidang mendatang ketik sidang#Nomor_Perkara, biaya Perkara ketik biaya#Nomor_Perkara,  Info Perkara ketik infoperkara#Nomor_Perkara, Denda Tilang ketik tilang#nomor polisi atau nomor kendaraan yang dicatat pada kertas tilang atau nomor balngko tilang contoh tilang#DH 4121 TYP, layanan pada Kepaniteraan Pidana Ketik : layanan pidana, layanan pada Kepaniteraan Perdata Ketik : layanan perdata, layanan pada Kepaniteraan hukum Ketik : layanan hukum, surat Keterangan Tidak Pernah di pidana dll Ketik : eraterang dan untuk pengaduan ketik pengaduan.

Dia menambahkan, inovasi ini juga merupakan implementasi jangka pendek Aksi Perubahan Peserta Diklat Pelatihan Kepemimpinan dan Pengawasan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia Gelombang II Angkatan VI Tahun 2020 atas nama Jackson Deni Faah, S.AP., yang dalam tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala Sub Bagian, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Negeri Maumere.

Dirinya pun sangat berharap, kiranya dengan diluncurkannya aplikasi VIRAL (Virtual Asisten Pengadilan) ini dapat memenuhi kebutuhan informasi dari masyarakat pencari keadilan dan Pengguna Pengadilan di Pengadilan Negeri Maumere.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya