oleh

Pintu Air dan Obor Mas Dipilih Pemkab Sikka Kelola Minyak Kelapa

-EKBIS-680 views

MAUMERE, MN- Terobosan pemerintah untuk menghadirkan perusahaan produksi minyak kelapa di Maumere Flores, nampaknya akan terlaksana. Dua koperasi kredit yakni Pintu Air dan Obor Mas telah melakukan komunikasi intens terkait dengan pengelolaan minyak kelapa di Sikka.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, saat rapat koordinasi Pilkades serentak gelombang III di aula kantor Bupati Sikka, Selasa (15/10/2019) menegaskan, pemerintah daerah merasa optimis jika ke depannya pengelolaan minyak kelapa tidak harus memaksa petani kelapa di Sikka untuk menjual hasil produksinya ke luar daerah, tetapi akan memproduksi sendiri minyaknya dan diambil atau dibeli langsung oleh Pintu Air dan Obor Mas.

“Ada kebijakan proteksi yang mestinya dilakukan oleh pemerintah, ketika hasil produksi perkebunan masyarakat itu menurun harganya. Harga kopra yang saat ini semakin menurun, untuk itu pemerintah harus mengambil peran. Kita akan beli minyak kelapa masyarakat melalui Pintu Air dan Obor Mas. Ada industri olahan di sana. Jadi selain harga kopra naik, ekonomi masyarakat pun semakin meningkat, termasuk juga kita bisa memproduksi minyak kelapa sendiri, jangan kita datangkan dari luar terus,” jelasnya.

Dikatakan, jika industri pengolahan minyak kelapa itu sudah ada di Maumere, maka berdampak juga pada penyerapan tenaga kerjanya.

“Ini terobosan berkelanjutan, ada output, income dan impact yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Dari pada kita kirim kopra keluar, secara tidak langsung kita bayar pengangguran di pulau Jawa, padahalnya sumber daya itu dari sini. Jika terobosan ini kita lakukan, maka setidaknya Sikka akan menjadi pusat pengolahan minyak kelapa di Flores, semua kabupaten akan datang menjual minyak kelapanya bahkan kopranya ke Sikka,” imbuhnya lagi.

Meski kebijakan ini masih sebatas rencana, namun dirinya sangat berharap dukungan seluruh elemen masyarakat di daerah ini. Terobosan ini pula, sudah mendapatkan dukungan dari Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya