oleh

Peringati HPN dan HPSN, PWI Kaimana, Gandeng TNI dan POLRI Bersihkan Pantai Kampung Seram

KAIMANA, MN- Memperingati dua event besar yakni Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2021 lalu dan Hari Peduli Sampah Nasional (HSN) tanggal 21 Februari 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaimana, menggelar aksi sosial yakni kegiatan pembersihan sampah di pesisir pantai Kampung Seram Kaimana, Sabtu (19/2/2021).

Sebanyak puluhan personil TNI dari Batalion Infanteri 764 Iamba Baua Kaimana dan Polres Kaimana, bersama seluruh wartawan bergandeng tangan dalam kegiatan itu.

Bahkan Kabag OPS Polres Kaimana, AKP Ferdinandus Mardi dan Pasie OPS Yonif 764 IB Kaimana, Letda Batara Wiku serta Ketua RT terkini Kampung Seram, Ahmad Hernar pun ikut ambil bagian membersihkan sampah.

Dari kegiatan yang dilaksanakan sepanjang kurang lebih 100 meter jaraknya, sebanyak 200 kantong sampah yang berhasil dikumpulkan. Sampah yang telah berhasil dikumpulkan, akhirnya diangkut menggunakan truck menuju ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA) di Km 6.

Terlihat, para kuli tinta Kaimana ini pun berbaur dengan aparat keamanan, yakni anggota Polres dan Batalion Yonif 764 IB Kaimana.

Sinergitas ini, ditunjukan sebagai bentuk kerjasama yang harmonis dengan aparat keamanan di wilayah ini.

Sampah-sampah di kawasan itu, terlihat sangat sulit dibersihkan, karena tertimbun pasir akibat pasang surut. Meski demikian, mereka tetap bersemangat, hingga sampah yang terlihat berserakan akhirnya bersih total.
Koordinator PWI Kaimana, Yohanes Dasantos, dalam keterangannya mengatakan, kegiatan positif ini merupakan inisiatif teman-teman yang bergabung di bawah naungan PWI Kaimana.

“Pada Hari Pers Nasional, kita menggandeng Forkompimda Kaimana untuk membagi-bagikan masker. Saat ini, kita laksanakan kegiatan bersih-bersih pantai sebagai wujud sinergitas kita dengan TNI-POLRI serta menjaga lingkungan Kota Kaimana, di Hari Peduli Sampah Nasional ini,” katanya.

Kapolres Kaimana melalui Kabag OPS, AKP Fredinandus Mardi dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang tentunya perlu didukung oleh semua pihak.

“Kami berterima kasih kepada rekan-rekan pers yang sudah memulainya. Bagi kami, kegiatan positif seperti ini akan tetap kami dukung, sehingga memberikan pendidikan yang baik kepada masyarakat. Jangan jadikan laut sebagai tempat akhir pembuangan sampah,” tegasnya.

Dia pun sangat berharap agar, seluruh organisasi kemasyarakatan yang ada di wilayah Kaimana, bisa melakukan hal yang sama, dalam menciptakan kebersihan Kota Kaimana.

“Karena jika kita tidak segera memulai, maka siapa lagi yang harus memulainya? Karena kebersihan adalah sebagai bagian dari iman. Dengan kota yang bersih, berdampak pada kesehatan masyarakatnya, apalagi di tengah pandemic covid 19 saat ini,” urainya lagi.

Sementara itu, Daton I Senapan B Batalyon Infanteri 764/Iamba Baua, Letda Asep. K menyebutkan, TNI p[ada prinsipnya juga akan tetap mendukung kegiatan positif saat ini.

“Saat ini kami turunkan sebanyak 22 personil atas undangan dari PWI Kaimana. Kita bersama aparat gabungan dari TNI-POLRI-Pers, bahu membahu melaksanakan aksi ini. Namun karena keterbatasan waktu, sehingga pelaksanaan kegiatannya hanya sebatas ini saja. Namun kami sangat berharap ke depannya, kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan secara berkesinabungan, sehingga mempunyai nilai positif bagi masyarakat sekitar,” tegasnya.

Dia mengaku, dengan kegiatan ini, sinergitas dari aparat TNI dan POLRI bersama PWI Kaimana dalam menjaga lingkungan tetap bersih.

“Kami mewakili Komandan Batalyon, Letkol Inf Dwi Dipiyono sangat antuasias dalam kegiatan ini. Kita juga belum lama ini, mengadakan pembersihan pada Taman Kota dan ini merupakan inisiatif dari Komandan Batalyon Letkol Inf Dwi Dipiyono, demi terciptanya lingkungan yang asri,” sebutnya.

Dia pun sangat berharap agar, semua komponen yang ada di Kaimana, bisa turut andil dalam menjaga lingkungan Kota Kaimana dan tidak lagi membuang sampah sembarang serta peduli terhadap lingkungan.(REN-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya