oleh

Perdana, Sikka Gelar Festival Musik Kampung

MAUMERE, MN- Kabupaten Sikka akhirnya menggelar festival musik kampung perdana yang digelar di rumah jabatan Bupati Sikka, Jumat (20/12/2019).

Festival itu diikuti oleh puluhan peserta baik dari kelompok musik tradisional maupun dari kelompok vokal.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutannya pada acara pembukaan festival tersebut mengatakan, di era teknologi yang semakin canggih ini, festival musik kampung masih dipertahankan dan itu merupakan nilai-nilai budaya asli yang harus dilestarikan.

“Hari ini, kita harus bangga sebagai masyarakat Sikka, karena kita bisa menyelenggarakan festival ini. Ketika musik kampung ini kita pertahankan dan lestarikan maka akan menjadi khasanah musik daerah, memperkaya budaya asli kita. Ini unik, karena betul-betul dibangun dari nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat kita. Musik kampung ini menunjukan betapa kreasi estetika yang diciptakan oleh masyarakat. Nada-nada yang ada dalam musik ini, tidak gampang untuk dibentuk, butuh orang-orang terampil yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Dan Kabupaten Sikka sudah menunjukan hal itu, kita masih tetap mempertahankan budaya asli kita,” ujarnya.

Festival yang dilaksanakan dan didukung oleh para alumni SMA Frater angkatan 88 ini, lanjut Bupati, agar ke depannya bisa berkolaborasi dengan musik-musik tradisional lainya.

Dikatakan, musik solo tradisional pun tidak kalah menarik dan harus tetap dipertahankan. Untuk itu, lanjut Bupati, nama Maumere sudah dipromosikan melalui lagu Gemu Famire.

“Musik yang betul-betul diangkat dari gong waning yakni gemu famire. Orang Maumere ini adalah orang-orang seni yang memiliki kepekaan rasa yang tinggi. Untuk itu, festival perdana yang digelar saat ini harus dikembangkan terus. Piala bergilir ini pun kita berharap dapat melahirkan seniman-seniman baru ke depannya,” kata Bupati.

Dia pun berharap, dengan festival ini pun dapat membangun dan mempertahankan budaya asli Sikka untuk pelestariannya pada masa yang akan datang.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya