oleh

Pendidikan Karakter Mutlak  Diperlukan Generasi Mileneal

-DIKKES-1.109 views

MAUMERE, MN –  Camat Kangae Kabupaten Sikka, Marthen Luther Adji menegaskan pendidikan karakter sangat diperlukan oleh generasi mileneal saat ini. Karena bukan hanya kecerdasan otak saja, tetapi dibutuhkan budi pekerti dan etika.

Hal itu disampaikan Camat Marthen saat memberikan sambutannya pada upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kecamatan Kangae di lapangan gereja Ili Desa Kokowahor.

Hadir dalam kesempatan itu seluruh siswa-siswi mulai dari PAUD dan TK, SD hingga ke SMP serta segenap tenaga pendidik di Kecamatan Kangae.

Dia lebih lanjut mengatakan, agar kita mampu bersaing dengan dunia luar, maka butuh komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Dalam pengembangan era digital 4.0 pembinaan karakter merupakan kunci menjadi utama dalam membangun mentalitas, karena di jaman serba bisa ini kita sudah dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi. Olehnya, sebagai pendidik kita harus megawasi dan mengarahkan anak dalam menggunakan dan memanfaatkan teknolgi dengan benar,” tegasnya.

Di hadapan para peserta upacara, Camat juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tenaga pendidik, yang susah payah mendidik dan membina generasi muda Kabupaten Sikka masa yang akan datang.

“Kita menyadari, penghasilan para pendidik tidak sebanding dengan pengorbanan yang mereka berikan, walaupun diberikan upah mereka terus melaksanakan tugasnya mendidik dan membina siswa siswi agar menjadi generasi yang berkualitas,” ujarnya.

Dia juga sangat berharap peran dukungan orangtua. Karena menurut dia, dasar pendidikan berawal dari keluarga.

“Jika pendidikan karakter mulai diterapkan di lingkungan keluarga, maka ke depannya setelah mengenyam pendidikan di pendidikan formal generasi tersebut akan mampu melakukan perubahan untuk kepentingan bangsa dan Negara, terkhususnya daerah ini,” harapnya.

Di tempat terpisah, Buci Da Costa, salah seorang pendidik yang berhasil dikonfirmasi mengatakan, pengorbanan yang mereka berikan kepada Negara dan daerah ini, tidak sebanding dengan apa yang saat ini mereka terima.

“Kami berharap ada perhatian dari pemerintah daerah, yakni perbaikan gaji para tenaga honor. Bukan hanya itu saja, tetapi juga termasuk perbaikan infrastruktur pendidikan,” harapnya. (SAN-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya