oleh

Pemkab Sikka Targetkan Tanam 33.000 Anakan Vanili

-EKBIS-632 views

MAUMERE, MN- Komoditi vanili akan diupayakan menjadi tanaman produktif masyarakat di Kabupaten Sikka. Olehnya, pemerintah daerah ke depannya menargetkan akan menanam sebanyak 33.000 anakan vanili di sejumlah daerah berpotensi di Kabupaten Sikka.

Hal itu disampaikan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, saat membuka kegiatan diskusi yang digelar komunitas mahasiswa katolik (KMK) St. Martinus Ende yang dilaksanakan di Desa Persiapan Pelibaler Kecamatan Doreng, Jumat (27/12/2019).

Dijelaskan, potensi tanaman vanili jika diupayakan secara lebih baik, maka ke depannya ekonomi masyarakat akan semakin baik.

Pemerintah akan menyediakan bibit vanili, tinggal masyarakat menerima bantuan bibitnya. Ini akan disiapkan secara bertahap. Ketika desa maju dengan tingkat ekonomi masyarakat yang berada di atas rata-rata, maka pembangunan itu telah mencapai hasil yang maksimal. Ketika desa itu maju dan menjadi pilar pembangunan ekonomi yang kuat, maka kabupaten pun akan semakin maju, jelas Bupati lagi.

Penanaman sebanyak 33.000 bibit vanili tersebut, lanjut Bupati Idong, sapaan akrabnya, diikuti dengan pola pendampingan, yang tentunya diharapkan akan menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat mulai dari desa.

Selain kita menyediakan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, kita juga tentunya mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya pertanian vanili di daerah-daerah potensial guna mendorong pertumbuhan ekonomi produktif masyarakat. Inilah yang disebut sebagai tugas penyelenggaraan pemerintahan seperti yang ditegaskan oleh Presiden Jokowi di berbagai kegiatan, pungkasnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya