oleh

Pemkab Sikka Perpanjang Lagi Masa KLB, Bupati: Akan Ada Libur Khusus Basmi DBD

-METRO-1.430 views

MAUMERE, MN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka akhirnya memperpanjang lagi masa berlakunya penanganan KLB DBD di wilayah ini. Pasalnya, hingga saat ini jumlah penderita DBD terus bertambah, dari sebelumnya 405 kasus, naik menjadi 567 kasus.

Hal itu disampaikan Bupati Sikka, Fransiskus Roborto Diogo, saat rapat koordinasi dan evaluasi penanganan DBD bersama tim Kementerian Kesehatan RI, di ruang kerja Bupati Sikka, Kamis (13/2/2020).

Di depan Tim Kemenkes RI, Bupati Idong, sapaan akrabnya menyebutkan, meski jumlah kasusnya tinggi hingga sebanyak 567 kasus, namun Pemkab Sikka bisa menekan angka kematian penderita selama kasus ini melanda Sikka.

“Kita perlu memberikan apresiasi kepada Tim medis dan Dinas Kesehatan yang sudah gigih berjuang untuk meminimalisir angka kematian atas kasus ini,” tegasnya.

Dari 21 kecamatan yang ada di Sikka, 6 Kecamatan tergolong tinggi kasusnya yakni Kecamatan Magepanda, Alok, Nita, Alok Barat, Alok Timur dan Kecamatan Talibura.

“Perang melawan wabah ini, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Ini harus dilakukan secara besar-besaran dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, ke depannya akan ditetapkan ada libur khusus agar seluruh masyarakat bergerak bersama membasmi DBD ini di seluruh lingkungan dan wilayahnya masing-masing,” tegas Alumnus IPDN Jatinagor ini.

Dia juga mengatakan, kehadiran Tim Kemenkes RI di Sikka, merupakan bentuk dukungan dan kepedulian yang tinggi dari Pemerintah Pusat terhadap kondisi daerah yang terserang wabah DBD saat ini.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk wajib melakukan pemberantasan sarang nyamuk mulai dari rumah tangga masing-masing dengan jalan 4 M. Kita harus laksanakan gerakan secara masif untuk basmi total. Jangan kalah dengan nyamuk, mari basmi nyamuk sampai titik nol,” tegasnya lagi.

Meski sudah ada pernyataan akan segera menetapkan hari libur khusus, namun hingga berita ini diturunkan belum ada waktu pasti kapan libur khusus itu akan diberlakukan.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya