oleh

Pemkab Sikka Mulai Tata Kelola Bisnis Rumput Laut

-EKBIS-574 views

MAUMERE, MN- Pemerintah Kabupaten Sikka saat ini terus melakukan pengembangan sejumlah potensi ekonomi produktif masyarakat. Dengan memanfaatkan sejumlah potensi sumber daya alam, Pemkab Sikka terus menyediakan sarana dan prasarana pendukung untuk pengembangan itu.

Dan salah satu potensi yang saat ini sedang dilakukan oleh Pemkab Sikka yang pengelolaan rumput laut di Nian Tana Sikka.

Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga saat membuka kegiatan Deseminasi peta jalan (road map) rumput laut Kabupaten Sikka dan peningkatan kapasitas serta pengenalan peluang bisnis rumput laut kepada Bumdes yang berlangsung belum lama ini di Go Hotel Maumere mengatakan, ekonomi produktif masyarakat mestinya terus dikembangkan, sehingga dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah tentunya akan tetap mendorong agar sejumlah usaha produktif masyarakat, tidak hanya menjadi tanggungjawab warga semata. Terobosan-terobosan perlu dilakukan oleh pemerintah, diantaranya dengan jalan membuat regulasi untuk mencover pengelolaannya, termasuk dengan penyediaan sarana dan prasarana pendukungnya,” ujar Wabup Romanus.

Kegiatan yang dihadiri juga oleh Manager program rumput laut Indonesia, Moh Zia Ulha, Rektor Unipa, para pimpinan OPD se Pemkab Sikka, Kepala Desa dan Bumdes serta sejumlah lembaga internasional lainnya seperti Australia Globe bertujuan untuk merumuskan road map rumput laut di Kabupaten Sikka termasuk dengan pengelolaannya.

Untuk itu, Wabup dalam kesempatan itu sangat berharap agar Bumdes dan masyaraat Sika dapat memanfaatkan potensi ini sebaiknya.

“Memang benar, jika pengembangan rumput laut itu ada di Sikka, tentunya akan lebih menguntungkan bagi kita. Namun pemerintah daerah akan tetap melakukan kajiannya ke arah itu,” ujarnya.

Pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat, lanjut Wabup, harus didorong terus.

“Terima kasih banyak atas dukungan sejumlah lembaga pengembangan yang saat ini terus melakukan pendampingan. Mari kita kerja bersama untuk membangun Sikka yang lebih maju,” harapnya.(REN-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya