oleh

Pemda Tetap Dukung Koperasi, Bupati Sikka: Pintu Air dan Obor Mas Sudah Harumkan Nian Tana

-EKBIS-242 views

MAUMERE, MN- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sikka, akan terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan koperasi di daerah. Karena dengan koperasi, ekonomi dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

Hal itu disampaikan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, saat menghadiri rapat akhir tahun (RAT) Puskopdit Swadaya Utama yang berlangsung di Aula Heinrich Kota Maumere, Sabtu (22/8/2020).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, Kepala Dinas Perindagkop Sikka, Ketua Puskopdit Swadaya Utama serta undangan lainnya.

Bupati menegaskan, di tengah Pandemi Covid 19 seperti saat ini, seluruh dunia masih pesimis akan kehadiran koperasi. Namun justru, kehadiran koperasi telah mampu menyelamatkan banyak orang dari keterpurukan ini.

“Di Indonesia, sampai dengan saat ini, masih menyandang status sebagai negara import. Namun perlahan-lahan status itu akan tergeser oleh waktu, ketika pertumbuhan dan perkembangan koperasi di dalam negeri ini berjalan baik, kita mampu mengolah apa yang kita miliki untuk kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Olehnya, managemen koperasi harus profesional dan terus berkomitmen untuk membangun ekonomi rakyat kecil, jangan seperti orang farisi dan ahli-ahli taurat dalam Injil, yang salah memanfaatkan perannya bukan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat, namun ternyata tidak.

“Ini akan menjadi bagian tanggungjawab pemerintah dalam melakukan pengawasan dan mendukungnya secara penuh agar koperasi-koperasi di Sikka berjalan lebih baik lagi. Terus terang, saat ini masyarakat semakin menggantungkan hidup mereka dari usaha mereka dengan meminjam di koperasi. Ini yang perlu kita dorong, agar berjalan dengan maksimal. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Koperasi Pintu Air dan Obor Mas, yang telah membangkitkan ekonomi masyarakat dan mengharumkan nama Kabupaten Sikka hingga ke penjuru negara,” ujarnya.

Untuk itu, dia pun sangat berharap agar koperasi-koperasi lainnya juga harus bisa bangkit dan berkembang baik, terus belajar dan menemukan inovasi-inovasi terbaru untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui koperasi.

“Koperasi tidak hanya mencari keuntungan semata, tetapi lebih pada bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah. Koperasi pun harus bisa mengolah kesehatannya sendiri secara profesional. Mari kita mengandalkan hidup kita dan segala usaha perekonomian kita di daerah ibu dengan tetap mengandalkan koperasi,” pungkasnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya