oleh

Panen Singkong, Bupati Sikka : Jangan Biarkan Lahan Kosong!

-EKBIS-609 views

MAUMERE, MN- Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, melakukan panen bersama ubi kayu (singkong) di atas lahan 1 hektar, yakni di rumah jabatan Bupati Sikka, Jumat (22/11/2019).

Bupati sebelum panen, dalam sambutannya mengatakan, panen ubi kayu yang hari ini sama-sama kita saksikan, sebagai bentuk motivasi kepada masyarakat, bahwa lahan pertanian jangan dibiarkan kosong.

“Ke depannya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah harus bisa menargetkan pengembangan jenis tanaman ini. Kita saat ini juga kedatangan staf ahli ketahanan pangan dari Kementerian termasuk tim peneliti dan juga mitra terkait untuk pengembangan 8 varietas ubi kayu di Sikka pada musim tanam 2020 mendatang,” tukasnya.

Selain ubi kayu, ke depannya pemerintah juga sedang memikirkan pengembangan pisang dan tanaman kelor.

“Musim tanam tahun ini, saya sudah ingatkan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk mulai mendekatkan diri dengan petani, kita jemput bola. Jika memang mereka tidak punya modal, kita dekatkan mereka dengan permodalan. Banyak hal yang mesti kita buat, agar mereka jangan  malas-malas lagi. Tidak boleh ada lahan yang tidak tergarap di musim tanam ini, saya akan periksa,” tegasnya.

Robby Idong, sapaan akrabnya juga mengatakan, pihaknya sedang merancang sebuah aplikasi baru untuk melakukan pengawasan terhadap lahan pertanian masyarakat di Kabupaten Sikka.

“Pemerintah akan bekerjasama dengan lembaga penerbangan dan antariksa nasional atau yang disebut LAPAN. Dari kerjasama itu, kita akan foto secara keseluruhan lahan pertanian di Kabupaten Sikka. Dari situ, kita bisa ambil arah kebijakan yang jelas, mana yang mesti dikembangkan ke depannya. Untuk pertanian ini, kita harus memulai, jika tidak maka produksi pertanian masyarakat tiap tahun tidak akan meningkat. Kita juga akan bekerjasama dengan mitra bisnis strategis untuk menjemput hasil produksi pertanian mereka, salah satunya yang saat ini hadir yakni PT Medco,” jelasnya.(MAR-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya