oleh

Oknum ASN Dinas PKO Sikka Perhambat Kerja Operator Sekolah, Alasannya Jaringan Terganggu

-DIKKES-1.462 views

MAUMERE, MN – Sejumlah operator dapodik pada sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Sikka mengeluhkan ulah oknum ASN berinisial RR bagian KK Data Dik pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sikka yang selalu mengeluhkan jaringan internet pada Dinas PKO Sikka terganggu.

Pasalnya, sejumlah operator yang hendak mengurus berkas-berkas kelengkapan data sekolah, data siswa dan data guru, selalu mendapatkan alasan dari oknum tersebut bahwa jaringan di Kantor Dinas PKO Kabupaten Sikka sedang error atau dengan alasan kesibukan pribadi.

Salah satu operator sekolah dasar yang enggan disebutkan namanya kepada Maumere News mengungkapkan, dirinya pernah meminta panduan atau juknis mengenai pembenahan dan perubahan data sekolah, data peserta UN, data GTK dan pengajuan PTK baru untuk melengkapi data guru. Namun, oknum ASN tersebut selalu mengaku ada gangguan jaringan internet pada Dinas PKO Kabupaten Sikka.

Bukan hanya itu, keluhan tersebut juga datang dari salah operator sekolah yang enggan disebutkan namanya.

Dirinya menyebutkan, sudah hampir 1 tahun dirinya belum bisa memasukan data penambahan guru baru disekolahnya bertugas karena dirinya mendapat jawaban dari oknum ASN berinisial RR bahwa guru baru belum bisa masuk dalam database.

Selain itu pengajuan NUPTK bagi salah satu guru PNS disekolahnya pun belum terakomodir karena RR meminta dirinya untuk meminta tolong pada operator lain.

Ketua FOPPSI (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia) Kabupaten Sikka, Soni Fresco Emilianus, saat ditemui Maumere News mengatakan, dirinya banyak mendapat keluhan dari operator atas ulah oknum tersebut.

Menurut Soni, hal tersebut, jika dibiarkan akan menghambat kinerja para guru dan merugikan peserta didik.

“Jika pelayanan yang diberikan tidak maksimal, yang dirugikan bukan hanya peserta didik dan bapak ibu guru saja, bisa juga berimbas pada aspek lain, semisal alokasi dana BOS. Operator ada yang datang jauh-jauh untuk permasalahan yang sekiranya dapat diselesaikan hari itu juga, namun keluhan mereka tidak pernah direspon maksimal dan yang bersangkutan selalu berasalan jaringan internet sedang gangguan, urusan pribadi dll. Keluhan ini sudah pernah disampaikan kepada Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sikka, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut. ” ungkap Ketua FOPPSI.

Saat dikonfirmasi Maumere News terkait keluhan para operator sekolah dan FOPPSI Sikka melalui telepon genggamnya, RR mengakui hal itu. Alasannya, keterlambatan pembayaran tagihan jaringan internet pada Dinas PKO yang membuat semua data yang dimasukan oleh para operator sekolah belum diakomodir oleh KK Data Dik Dinas PKO Kabupaten Sikka.

“Itu benar. Sudah dua bulan ini jaringan internet di Dinas PKO terganggu. Kadang belum bayar sampai 1 minggu dan kadang semua operator sekolah menggunakan akses wifi kantor, jadi jaringannya jadi berat. Kita punya kapasitas ini juga sedikit, jadi ini yang buat terlambat,”ungkapnya.

Disinggung terkait adanya keluhan salah satu operator sekolah yang mengeluhkan bahwa dirinya pernah meminta sejumlah uang untuk menerbitkan nomor induk sekolah tersebut, RR dengan tegas membantah bahwa hal tersebut tidak benar.

“Tidak ada. Proses itu keluarnya dari Jakarta. Kita ini juga jalan juga harus tunggu perjalanan dinas. Jadi kalau ada kesempatan kita kesana, kita langsung konfirmasi terkait itu. Kita kita bermaksud untuk menghambat, ini barang kan proses, cuman mereka yang maunya cepat,”ungkap RR diujung telepon genggamnya. (Acq-R2)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya