oleh

Minimalisir Bencana, BNPB Peringatkan Kepala BPBD di Daerah

-NASIONAL-214 views

JAKARTA, MN- Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Kapusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bambang Surya Putra mengingatkan kepada seluruh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk meminimalisir dampak bencana di musim penghujan tahun ini.

Melalui press releasenya yang diterima wartawan, Jumat (21/2/2020) menyebutkan, menindaklanjuti peringatan dini Potensi Hujan dari BMKG untuk Bulan Februari sampai dengan Maret 2020 yang diperkirakan masih tinggi, maka diharapkan agar seluruh BPBD dan Jajaran Pemerintah Daerah untuk, pertama, melakukan susur sungai utk menghilangkan potensi terjadinya banjir/banjir bandang karena kerusakan lahan/hutan ataupun terhambatnya aliran sungai akibat sampah.

Kedua, meningkatkan kewaspadaan bencana banjir, banjir bandang dan longsor. Ketiga, selanjutnya jika terlihat kondisi potensi bencana yang cukup signifikan agar mendekatkan sumberdaya PB pada lokasi potensi bencana dan melakukan evakuasi warga untuk mengurangi resiko bencana.

Keempat, dalam hal adanya potensi kejadian banjir/longsor, segera tetapkan status siaga darurat dan aktifkan Sistem Komando dan Posko Prov/Kabupaten/Kota.

Dia juga menegaskan agar BPBD Kabupaten/Kota, aktif berkordinasi dengan BMKG dan PVMBG/Dinas ESDM/Dinas PU Prov/Kabupaten/Kota bersama dengan stakeholder lainnya untuk mendapatkan informasi ancaman dan melakukan penyebarluasan informasi peringatan dini bahaya banjir/longsor sampai kepada masyarakat, khususnya yang bermukim di wilayah yang risiko tinggi bencana banjir dan tanah longsor.

Berdasarkan informasi peringatan dini yg tersedia, BPBD harus datang terlebih dahuku ke lokasi terdampak (Banjir. Banjir bandang dan Tanah Longsor)  sebelum terjadi bencana khususnya wilayah bantaran sungai.

Jika ada kebutuhan  dukungan penanggulangan bencana dapat disampaikan melalui Call Center BNPB nomor (021) 51010 112.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya