oleh

Miliki 116 Destinasi, Dispar Sikka Optimis Pasca Covid 19, Jumlah Kunjungan Wisatawan Meningkat

MAUMERE, MN- Hingga saat ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, telah mencatat sebanyak 116 destinasi wisata di Kabupaten Sikka.

Hal itu ditegaskan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Petrus Poling Wairhaming saat diwawancarai di sela-sela kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata Kabupaten Sikka yang berlangsung di Hotel Camilus Sosial Center di Jalan Gajah Mada Kota Maumere, Kamis (22/10/2020).

Dia mengatakan, sejak Januari hingga Maret 2020 lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupatn Sikka masih relatif aman, jika dibandingkan 6 bulan setelahnya hingga September lalu, jumlah kunjungan itu menjadi menurun.

“Kita tahu bersama bahwa hal ini lebih disebabkan karena adanya bencana non alam saat ini yakni pandemi covid 19. Kita sudah melakukan berbagai upaya dengan menggandeng semua pemangku kepentingan di bidang pariwisata. Kita tetap promosikan, yakni kunjungan di Kabupaten Sikka tetap terbuka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, dari total tersebut, Kabupaten Sikka masih didominasi oleh wisata alam dan wisata budaya.

“Kita juga memiliki destinasi unggulan kita yakni wisata  alam laut Teluk Maumere, yang kita harapkan pasca pandemi ini bisa mendongkrak lagi jumlah kunjugan wisatawan ke Kabupaten Sikka. Untuk itu, perlu kita melakukan persiapan jelang meningkat lagi jumlah kunjungan tersebut dengan pelatihan sertifikasi diving. Memang untuk under water kita punya unggulan untuk itu,” jelasnya.

Dia menambahkan lagi, dari total 116 destinasi pariwisata Sikka tersebut, sudah sebanyak 34 destinasi yang sudah dijual melalui berbagai promosi.

“Memang dari usulan masyarakat yang kita datakan jumlahnya seperti itu. Untuk itu, kita secara simultan bergerak mengembangkannya secara perlahan. Yang paling utama adalah kita beri porsi dulu yang mana yang harus kita dahulukan, misalnya 2020 wisatawan luar negeri belum terlalu banyak. Untuk itu, kita beri porsi destinasi-destinasi yang melayani wistawa lokal dulu, selanjutnya barulah kita ke wisatawan luar negeri. Intinya, pasca pandemi ini, saya optimis destinasi pariwisata kita mendapatkan kunjungan jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya