oleh

Menteri PAN-RB: Kepala Daerah Harus Selalu Dengar Pers

BANJARMASIN, MN- Gubernur, Bupati dan Walikota harus mendengar apa yang disampaikan wartawan dalam rangka peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo dalam seminar Best Practices Kepemerintahan yang Baik, di Aria Barito Banjarmasin Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020), dalam rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020.

Dalam pandangannya, Tjahjo menegaskan, peran pers dalam mendorong percepatan reformasi birokrasi sangat dibutuhkan, karena pers menjadi penghubung antara birokrasi pemerintahan dan masyarakat.

“Gubernur, Bupati dan Walikota harus mendengar apa yang disampaikan oleh pers, karena apa yang disampaikan pers itu mungkin saja bisa menjadi bahan pertimbangan kita dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Dikatakan, saat ini jumlah ASN sudah sebanyak 4.286.918 orang yang tersebar sebanyak 77,4 persen ada di daerah dan 22,6 persen ada di pusat. Jumlah tersebut belum ditambah dengan yang saat ini sedang mengikuti tes.

Mantan Mendagri ini lebih lanjut menegaskan, agar pejabat di daerah tidak lagi menghambat perijinan yang dapat memperlambat lajunya pertumbuhan ekonomi di daerah. 

“Presiden Jokowi sudah menegaskan, agar setiap kebijakan yang diambil di daerah jangan sekali-kali terlalu bertele-tele, birokrasi yang selama ini sangat menghambat agar sebaiknya dipotong dan dipangkas untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik,” tegasnya.

Dia juga memberikan kesempatan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota untuk mengangkat sejumlah tenaga honor di daerah untuk membantu peningkatan pelayanan publik, sesuai dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki oleh daerah.

Sederetan kegiatan memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang berlangsung di Banjarmasin, berpusat di beberapa tempat di Kota Banjarmasin.

Dipastikan, Presiden Jokowi akan menghadiri puncak acara HPN 2020 pada, Sabtu (8/2/2020).(ANI-R1)

 

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya