oleh

Lantas Polres Sikka Mulai Larang Siswa Bawa Motor ke Sekolah

-HUKRIM-1.887 views

MAUMERE, MN- Kapolres Sikka melalui Kasat Lantas, AKP. Rullyanto J. P. Pahroen S.Sos, SIK menyebutkan, jika saat ini sejumlah sekolah sudah mulai merespon untuk tidak memperkenankan siswanya membawa sepeda motor ke sekolah.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi tingginya angka laka lantas yang pada umumnya didominasi oleh anak-anak di bawah umur di Kota Maumere.

“Saya sebenarnya dari awal sudah melakukan komunikasi dengan beberapa sekolah, dua diantaranya yakni SMP dan SMA Frater. Dari hasil koordinasi tersebut ternyata apa yang kami inginkan juga direspon baik oleh sekolah,” ujar Kasat Rullyanto, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (10/1/2020).

Menurutnya, respon itu pun langsung ditanggapi oleh pihak sekolah dengan memberikan saksi tegas.

“Dalam koordinasi itu, kita diberitahu bahwa sekolah telah mengambil langkah bijak, jika anak yang belum cukup umur dan membawa kendaraan ke sekolah, maka akan dikurangi nilai atau orangtuanya akan dipanggil. Intinya, sudah ada sekolah yang respon, soal teknis kebijakan kembali ke pihak sekolah, kita hanya mau menyelamatkan anak-anak saja, dari hal-hal buruk yang mungkin saja bisa mereka lakukan di jalan raya, bukan karena anaknya, tetapi lebih disebabkan karena lingkungan dan pengaruh teman, apalagi mereka masih labil,” jelasnya panjang lebar.

Dikatakan, untuk sekolah lainnya, akan dilakukan ke depannya, sambil mempersiapkan segara sesuatu yang berhubungan dengan hal itu. Tentunya, lanjut dia, sosialisasi pun akan terus dilakukan pihaknya, sehingga memberikan pemahaman bagi siswa dan sekaligus orangtua.

“Kita bermaksud agar bisa menekan angka laka lantas di jalan raya. Karena mencegah lebih baik dari pada nanti setelah kejadian barulah kita menyesal,” pesannya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya