oleh

Lanal Maumere Limpahkan Kasus Bom Ikan ke Kejaksaan

-HUKRIM-546 views

MAUMERE, MN- Lanal Maumere akhirnya melimpahkan tersangka dan barang bukti (BB) dugaan tindak pidana penggunaan bahan peledak berupa bom ikan ke Kejaksaan Negeri Sikka, Jumat (6/3/2020).

Pelimpahan berkas tindak pidama penggunaan bahan peledak tersebut, langsung diserahkan Palaksa Lanal Maumere, Letkol Laut (PM) Muchsin Wibowo kepada Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Sikka, Akbar Baharuddin, SH dan disaksikan Kepala Kejaksaan Negeri Sikka, Azman Tanjung, SH.

Danlanal Maumere melalui Palaksa Lanal Maumere, Letkol Laut (PM) Muchsin Wibowo dalam keterangannya kepada Maumere News, mengaku, pelimpahan tersangka dan BB tersebut setelah pihaknya menyatakan lengkap berkas kasus tindak pidana ini.

“Penyelidikan dan penyidikan sudah dilakukan oleh penyidik di Lanal Maumere dan kita limpahkan untuk proses hukum selanjutnya,” ujarnya singkat.

Sekedar diketahui, kasus tindak pidana penggunaan bahan peledak dalam menangkap ikan ini sendiri, terjadi di Desa Lamatutu Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur, 12 Februari 2020 lalu. Sebanyak 10 orang dan sejumlah barang bukti diamankan anggota Lanal Maumere.

“Kepada para tersangka, dikenakan pasal 84 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 2004 tentang perikanan sebagaiman telah diubah dengan Undang-Undang 54 tahun 2009. Untuk ancaman hukum dalam kasus ini, 6 tahun penjara,” ujarnya lagi.

Dia juga mengaku, jika pihaknya juga diberikan kesempatan untuk melengkapai berkas.

“Kalau penyerahan hari ini pihak Kejaksaan menyatakan lengkap, maka dilanjutkan dengan proses persidangan. Namun jika belum, kita akan diberikan kesempatan selama 5 hari untuk melengkapi berkas, terhitung setelah diserahkan tersangka dan BB ini,” pungkasnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya