oleh

Lanal Maumere Aktifkan Pos Pemantau untuk Cuaca Ekstrim

-HUKRIM-492 views

MAUMERE, MN- Pangkalan angkatan laut (LANAL) Maumere, menghadapi musim penghujan yang sering berdampak pada cuaca ekstrim, mulai mengaktifkan pos pengawasan di sejumlah Pos AL di wilayah hukum Lanal Maumere.

Hal itu disampaikan Komandan Lanal Maumere, Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/1/2020).

Pernyataan itu disampaikan Orang Nomor Satu di Lanal Maumere ini, setelah menjawab pertanyaan wartawan seputar peran yang dilakukan pihaknya dalam menghadapi cuaca ekstrim seperti saat ini.

“Kita memang siapkan juga Posko di beberapa titik yang merupakan wilayah rawan bencana. Jadi kita juga akan melakukan koordinasi antar instansi yang berkaitan dengan penyelamatan seperti Basarnas, BPBD dan Satuan Polair Polres. Sinergitas ini kita bangun bersama, sehingga ketika menghadapi cuaca ekstrim, seluruh tim sudah stand by,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain siap siaga di Pos masing-masing dan terus melakukan koordinasi, pihaknya juga intens melakukan sosialiasi ke publik.

“Sosialisasi ini kita dorong Pos AL kita di beberapa tempat untuk selalu mengingatkan kepada para nelayan dan kapal-kapal yang bepergian saat cuaca ekstrim. Untuk kapal-kapal penumpang atau kapal wisata, kita juga mengingatkan agar jangan hanya mencari keuntungan, akhirnya membiarkan keselamatan para penumpangnya. Untuk itu, kita harus cek dulu sebelum kapal tersebut diberangkatkan,” tegasnya.

Di akhir pernyataannya, dia pun meminta kepada anak buahnya di masing-masing titik, untuk lebih aktif memantau wilayahnya masing-masing untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat cuaca sedang ekstrim.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya