oleh

KRI Fatahillah 361 Sandar di Pelabuhan Lorens Say Maumere

-HUKRIM-824 views

MAUMERE, MN- KRI Fatahillah 361 yang membawa sedikitnya 86 personil, Jumat (14/2/2020) sandar di Pelabuhan Laut Lorens Say Maumere.

Kedatangan kapal perang ini dalam rangka Operasi Siaga Tempur Laut (Opspurla) Tri Sila 2019 yang berlangsung sejak Februari 2019 lalu hingga April 2020 mendatang.

Ikut dalam pelayaran itu, Kepala Staf Guspurla II, Kolonel Laut (P) Askari dan Pabandya Program Guspurla II, Mayor Laut (P) Dwi.

Komandan KRI Fatajhillah 361, Letkol Laut (P) Agus Setiawan, SH menjelaskan, operasi ini dalam rangka menjaga laut NKRI dari masuknya kapal-kapal asing.

Dikatakan, patroli dilakukan secara rutin, terutama di wilayah perairan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Pantauan Maumere News, Komandan Lanal Maumere, Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto dan Palaksa Lanal Maumere, Letkol Laut (PM) Muchsin Wibowo serta sejumlah perwira lainnya di Lanal Maumere, turut hadir dalam merflug di Pelabuhan Laut Lorens Say Maumere.

Merplug merupakan istilah dari Angkatan Laut yaitu kegiatan menerima dan melepas kapal perang di Dermaga, baik yang datang atau melanjutkan perjalanan atau operasinya. Kegiatan ini merupakan sebuah tradisi Angkatan Laut dan merupakan penghormatan bagi kapal.

Sekitar pukul 08.30 WITA Merflug selesai dan dilanjutkan dengan kunjungan Komandan Lanal Maumere bersama perwira lainnya di long room Perwira KRI Fatahillah 361.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya