oleh

Keren! Pengrajin Dala Mawarani Sikka, Tenun Moncong Putih

-SOSBUD-400 views

MAUMERE, MN- Mengaku cinta terhadap PDI Perjuangan, pengrajin di Sikka ini menenun kain sarung bermotifkan lambang PDIP.

Hal itu dilakukan oleh Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Dala Mawarani, Kabupaten Sikka.

Tenunan itu dipanjang di teras depan Kantor Sekretariat PDIP Perjuangan Kabupaten Sikka saat kunjungan Ketua DPD PDIP Provinsi NTT, Ir. Emelia Julia Nomleni, ST, Sabtu (17/10/2020).

Kendati proses pembuatannya cukup rumit dan memakan waktu, namun berkat kepiawaian dari pada kelompok tersebut, sehingga seberapa sulit motif yang diinginkan pun pasti berhasil diselesaikan.

Disinggung mengapa membuat motif berlambang PDIP, Mateus Gate mengatakan dirinya dan anggota kelompok pengrajin telah jatuh cinta dengan PDIP sudah sejak lama dan PDIP merupakan partai politik yang menjadi pilihan politik dirinya bersama anggota lainnya. Selain itu motif tersebut dapat memberi nilai baru terhadap koleksi serta promosi pasar.

“Prosesnya lumayan rumit, tapi kami tetap berusaha karena kami sangat mencintai PDIP dan daearah Nian Tana Sikka ini,” kata Mateus.

Lanjut dia, dalam menjalankan usaha, kelompok pengrajinnya tergabung dalam UKM dan pernah difasilitasi dan mendapat motifasi berupa pengadaan bahan- bahan serta pendampingan.

“Kami juga sudah mendapatkan pendampingan dari Dinas Perdagangan. Selain itu, kami juga mendapat bantuan berupa bahan -bahan kain tenun dari pak Pak Alfonsius Ambrosius,” ujar Mateus.

Kepada generasi muda, Mateus mengajak agar tetap mencintai Negeri dengan merawat serta mengembangkan kearifan lokal budaya di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sikka.(APL/MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya