oleh

Keren, Kenakan Pakaian Adat, 9 Anggota BPD Ini Dilantik Camat Waigete Sikka

MAUMERE, MN- Sebanyak 9 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Egon Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka, dilantik Camat Waigete, Even Edomeko di aula Egon Kantor Camat Waigete, Senin (10/2/2020).

“Miu Ina Meti li’ar, diat Sai li’ar Sina. Miu Ama nadar rang, bokang sai rang jawa,” demikian ungkapan bahasa Sikka yang disampaikan Camat Even atas nama Bupati Sikka saat melantik 9 anggota BPD.

Dalam kesempatan itu, Camat juga menyinggung soal li’ar Sina dan rang jawa adalah sebuah kearifan lokal Nian Tana yang berarti suara yang mengandung kebenaran, bermuatan hal-hal yang indah, luhur, baik, penting dan membawa berkat bagi banyak orang.

Acara pelantikan itu didampingi Kepala Desa Egon, Florianus Angelinus dan Wakil Ketua Demisioner BPD Egon, Donatus Blaan. Pelantikan juga didampingi rohaniawan, Romo Moses Kuremas.

9 anggota BPD Desa Egon yang dilantik yakni, Nikolaus Susar, Firmina Da Ileng, Germanus Gege, Maria Ludgardis Elfrida, Marselinus Valerianus, Meadiarto Florianus, Urbanus Woga, Geradus Situs dan Stanislaus Nong.

Sejumlah harapan pun disampaikan para tokoh masyarakat, diantarnya Romo Moses Kuremas menyebutkan, makna peletakan tangan di Alkitab pada saat pengucapan janji sebagai simbol bahwa BPD akan bekerja dengan kesadaran dan bertanggungjawab penuh pada Tuhan.

Sementara, Tokoh Masyarakat, John Raga Iming yang juga merupakan anggota DPRD Sikka, mengapresiasi proses pemilihan anggota BPD hingga pelantikan. Dia sangat berharap agar BPD ke depan dapat bermitra secara kreatif dengan kepala desa dan jajarannya.

Lukas Lero, yang mewakili tokoh adat meminta kepada BPD agar dalam proses pengambilan keputusan dapat melibatkan para tokoh adat di Desa Egon.

Tokoh Pemuda, Indafons Queqy meminta agar para BPD juga dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya, dapat melibatkan pemuda dan pemudi di Desa Egon untuk bekerjasama membangun desa.

Camat Waigete lebih lanjut mengatakan, amanah yang diberikan oleh masyarakat diharapkan dalam dilaksanakan sebaik-baiknya demi kemajuan Desa Egon dan masyarakatnya ke depan.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya