oleh

Kepala SAR Maumere Akui Sinergitas dengan Pemda Percepat Respon Time

-METRO-429 views

MAUMERE, MN- Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana menegaskan, dengan luas wilayah operasional Basarnas Maumere dari Manggarai Barat hingga ke Alor, tentunya membangun sinergitas dengan pemerintah daerah dan semua pihak terkait lainnya merupakan salah satu prioritas utama dalam rangka mempercepat respon time bagi penyelamatan kerja-kerja kemanusiaan di wilayah ini.

Hal itu ditegaskan Sudayana, yang berhasil diwawancarai sejumlah wartawan usai kegiatan upacara memperingati HUT Basarnas ke 48 yang berlansgung di Lapangan Kota Baru, Jalan Ahmad Yani Maumere, Jumat (28/2/2020).

“Kami berusaha agar ke depannya semaksimal mungkin sesuai dengan arahan pimpinan, agar lebih profesional lagi, lebih bersinegritas dengan semua organisasi kemasyarakatan, pemerintah daerah, semuanya kita rangkul kita ajak untuk bersama sama melakukan operasi SAR, sehingga pekerjaan berat bisa kita laksanakan dengan mudah. Hal itu dikarenakan adanya sinergritas antara semua pihak terkait,” ujarnya.

Dia lebih lanjut mengatakan, untuk sukses kerja-kerja kemanusiaan ini, tidak boleh ada lagi ego sektoral dalam upaya penyelamatan kemanusiaan, sehingga semuanya akan bersinegri manjadi satu tim yaitu Tim yakni SAR Gabungan.

Dalam keterangannya, dirinya pun sangat berharap teman-teman media untuk memberitakan atau menyebarluaskan  sejumlah informasi terkait kegiatan operasi tim SAR secara profesional, sehingga masyarakat mengatahui apa yang dilakukan, khususnya di Basarnas Maumere.

“Kami berharap dengan kerjasama ini, setiap pemerintah daerah di wilayah Flores minimal dapat memberikan hibah tanah untuk membangun pos-pos baru, sehingga bisa mempercepat respon time pihaknya di lapangan.

“Kehadiran kita, ingin membantu pemerintah daerah, dalam hal memberikan rasa amam dan nyaman pada masyarakat, karena ini merupakan amanah undang-undang,” tukasnya.

Disinggung soal ketersediaan personil, lanjut dia, untuk tahun 2019 dan 2020, pihaknya mendapatkan tambahan personil, sehingga total seluruhnya saat ini berjumlah 51 personil. Yang idealnya untuk satu kantor SAR, harus memiliki minimal sebanyak 157 personil.

“Mudah mudahan ke depannya, Kantor SAR Maumere terus ditambah personilnya, sehingga menjadi jumlah yang ideal dalam satu kantor. Masih kurang banyak, hal ini dikarenakan kemampuan pemerintah untuk mengalokasikan pegawai khususnya ke Basarnas sangat terbatas,” pungkasnya.(TAM-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya