oleh

Kepala Desa Harus Visioner, Dorong Kemajuan Desa

MAUMERE, MN- Desa sebagai entitas kewilayahan dipandang sangat strategis dalam mengakselerasi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Pembangunan desa sudah saatnya harus menjadi skala prioritas, yang tidak boleh diabaikan oleh pemerintah pusat.

Hal itu ditegaskan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, pada saat membuka kegiatan diskusi komunitas mahasiswa katolik (KMK) Ende di Desa Persiapan, Pelibaler Kecamatan Doreng, Jumat (27/12/2019).

Untuk mewujudkan ekspetasi pembangunan pedesaan yang mandiri, kraetif, inovatif dan berbudaya tentunya desa membutuhkan seorang pempimpnan yang memiliki visioner. Pemimpin yang visioner adalah dia yang memiliki mimpi yang besar tentang ke arah mana dia membawa desa menuju kesejahteraan bersama, ujar Bupati lagi.

Seorang kepala desa harus bisa menggerakan kemajuan desanya dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, keamanan, sosial keagamaan dan dalam bidang pembangunan infrastruktur.

Saya berharap, semua kepala desa di Kabupaten Sikka ini memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola desanya. Dana desa tersebut dipergunakan dengan efektif dan efisien untuk kemajuan desa. Segala sesuatu yang berkaitan dengan program pembangunan desa, diharapkan mengkonsultasikannya dengan instansi teknis terkait di Kabupaten, harapnya.

Orang Nomor Satu di Sikka ini pun meminta kepada seluruh kepala desa, agar menghindari diri dari jeratan hukum karena pengelolaan dana desa yang tidak sesuai dengan peruntukannya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya