oleh

Kapolda NTT Pimpin Apel Gelar Pasukan Persiapan Kedatangan Jokowi di Maumere

-HUKRIM-553 views

MAUMERE, MN- Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., bersama  Dandrem 161/WS, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, memimpin apel gelar pasukan dalam rangka persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ke Maumere,

Apel persiapan tersebut berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Sikka, Jalan El Tari, Kota Maumere  Minggu (14/2/2021) pukul 09.30 wita.

Sejak beberapa hari terakhir jelang kedatangan Presiden ke Tana Nian Sikka, sejumlah pejabat sudah mulai berdatanngan ke Kota Maumere.

Pantauan wartawan, mobil kepresidenan pun sudah tiba di Bandara Frans Seda beberapa waktu yang lalu.

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut Karoops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., Dandim 1603 Sikka Letkol Inf. M. Zulnalendra Utama, S.IP, Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., Dandim 1602 Ende Letkol Inf. Nelson Paido Marpaung, S.IP, Dandim 1624 Flotim Letkol Czi Imanda Setiyawan, S.T., M.IP, Wadanyon B Pelopor Maumere AKP Dewa Made Suarsana, Wakapolres Sikka Kompol I Putu Surawan, serta para perwira gabungan TNI-Polri.

Kapolda di depan seluruh personil baik itu TNI maupun POLRI memberikan apresiasi atas kehadiran seluruh pasukan dalam apel persiapan pengamanan tersebut. Kapolda juga memperkirakan, jumlah personil yang akan ikut ambil bagian dalam pengamanan ini sebanyak 2.300 personil, dengan kekuatan  1.400 personil dari TNI dan 900 lebih dari Polri.

“Kegiatan pengamanan VVIP Presiden ini, telah disusun dalam operasi Waskita, yang dipimpin oleh Pangdam dan saya selaku wakil dan Pak Danrem. Saya mengingatkan, bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang juga sering kita lakukan tapi kita tidak boleh Underestimate. Kita tidak boleh mengabaikan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan, kita tetap laksanakan sesuai dengan SOP dan protap yang berlaku,” tegasnya.

Dikatakan, kedatangan Presiden saat ini dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

“Situasi saat ini dalam keadaan hujan dan cuaca kurang mendukung, ini salah satu tantangan kita. Di dalam pengecekan, saya menekankan tentang penggunaan perlengkapan-perlengkapan pendukung, untuk mengantisipasi cuaca seperti demikian dan juga rute yang akan ditempuh cukup jauh, memerlukan waktu dan kondisi geografis yang memerlukan atensi kita bersama. Untuk itu, ikuti semua petunjuk arahan yang akan disampaikan oleh para perwira pengendali. Perwira yang melaksanakan tugas di masing-masing sektor,” tegasnya lagi.

Dalam pelaksanaan pengamanan kita kedepankan cara-cara humanis, tapi kita tetap akan melakukan tindakan tegas, bila ada upaya-upaya untuk mengganggu dalam rangkaian kegiatan ini.

Kapolda pun mengajak seluruh personil untuk melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan, penuh rasa tanggung jawab sebagai tuan rumah yang baik.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sikka, untuk bisa menyambut bapak Presiden dengan keramahtamahan daerah Sikka khususnya, Nusa Tenggara Timur umumnya.

“Selamat bertugas dan mudah-mudahan kita selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa, jaga kesehatan dan tetap laksanakan protokol kesehatan. Jangan sampai nanti pengamanan tugas ada yang tidak menggunakan masker dan sebagainya, karena ini akan juga menjadi salah satu pengamatan di lapangan,” pungkasnya.

Seusai pelaksanaan apel gelar pasukan, Kapolda NTT bersama Danrem 161/WS dan rombongan menuju ke lokasi Bendungan Napun Gete untuk meninjau lokasi yang akan dikunjungi oleh Presiden.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya