oleh

Kakanwil Kemenag NTT: Jadilah Agen Moderasi Beragama dan Tinggalkan Fanatisme Sempit

-METRO-1.276 views

MAUMERE, MN- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi NTT, Drs. Sarman Marselinus, menegaskan, sebagai lembaga yang menyelenggarakan keagamaan di tanah air, seluruh komponen yang ada di dalam Kementerian Agama harus bisa menjadi agen moderasi beragama dan harus meninggalkan fanatisme sempit yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu disampaikan Sarman saat memberikan sambutannya pada pembukaan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 74 yang berlangsung di Lokaria Beach Hotel, Jumat (29/11/20190.

Dia mengatakan, Kementerian Agama menyelenggarakan pembangunan di bidang keagamaan yang meliputi 2 fungsi utamanya, yakni pendidikan dan agama itu sendiri.

“Untuk itu, saya sangat berharap kita semua berperan aktif dalam menjawab tantangan negara saat ini yakni munculnya intoleransi dan paham-paham radikalisme. Karena radikalisme menggunakan baju agama untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan intoleran yang menggunakan senjata agama untuk tujuan-tujuan tertentu,” tegasnya.

Dalam sambutannya, dia juga mengingatkan sebagai orang di Kementerian Agama, semua orang harus bisa melaksanakan komitmen kebangsaan, mendorong sikap toleransi, anti kekerasan dan mengakomodir dan menghormati budaya-budaya lokal yang ada di Nusantara ini.

Di akhir sambutannya, dia juga memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sikka dan Ketua Panitia Pelaksana atas terselenggaranya kegiatan ini menyongsong HUT Kementerian Agama yang akan dilaksanakan pada 3 Januari mendatang.(MAR/REN-R1)

 

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya