oleh

Jika Produksi Tomat Lokal Mencukupi, Sikka Siap ‘Bangun Pabrik’ Saos Tomat

-EKBIS-218 views

MAUMERE, MN- Jika produksi petani mencukupi untuk mensuplay tomat di pasaran lokal Maumere, maka ke depannya di Pemkab Sikka bisa menyediakan mesin pembuat soas tomat berskala kecil untuk bisa menampung produksi petani.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Sikka, Fiator Nong di Desa Bloro Kecamatan Nita belum lama ini.

Dikatakan, saat ini petani Sikka tengah gencar-gencarnya mengembangkan tanaman holtikultura, khususnya tanaman tomat dan Lombok.

“Kalau hasil produksi petani ini dipertahankan, maka di tahun 2021 mendatang, kita bisa menyediakan mesin pembuat saus tomat. Kecil produksi saos tomat ini sudah bisa dihasilkan di Sikka, sebagai produk lokal, maka kita bisa menguasai pasar lokal di Sikka. Kita mampu menggantikan produk dari Jawa,” tegasnya.

Dikatakan, dalam pengembangan usaha mikro tersebut, tentunya disediakan sejumlah pelatihan agar proses pengolahannya menjadi lebih bermutu.

“Kita sangat berharap agar pengembangan hasil produksi tanaman holtikultura ke depannya, tidak dijual dalam bentuk bahan mentah, yang berdampak pada rendahnya harga jual, tetapi sudah diubah menjadi barang jadi. Ini dalam rangka pertama adalah meningkatkan pendapatan petani, tetapi juga meningkatkan pendapatan asli daerah kita,” pungkasnya.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya