oleh

Jika Hasil Swab Positif, 179 Eks Penumpang Lambelu Dikarantina Lagi 14 Hari

-METRO-442 views

MAUMERE, MN- Juru Bicara (Jubir) Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Sikka, Petrus Herlemus menyebutkan, jika hasil swab dari 6 warga Sikka eks penumpang KM Lambelu dinyatakan positif, maka 179 eks penumpang lainnya, akan ditambah masa karantina 14 hari lagi.

“Saat ini hasil swabnya sedang diteliti di Laboratorium BTLK Surabaya. Jika satu saja dari empat hasil swab eks penumpang KM Lambelu yang saat ini sedang diteliti di Laboratorium Surabaya dinyatakan positif, maka Satgas Covid-19 Sikka akan memperpanjang masa karantina bagi 179 eks KM Lambelu,” tegasnya kepada sejumlah wartawan di Maumere saat menyampaikan press releasenya di Posko Media Center Covid 19 Sikka, Selasa (21/4/2020).

Dia mengaku, lambannya hasil yang diterima oleh pihaknya, disebabkan karena laboratorium BTKL Surabaya menerima ribuan sampel hasil swab.

“Memang saat ini sudah hari ke 6 sejak sampel itu kita kirim. Kita berharap agar segera dikeluarkan hasilnya, sehingga ada langkah antisipasi yang mesti dilakukan oleh pemerintah daerah dalam penanganan kasus ini,” jelasnya.

Sekedar diketahui, 6 sampel swab yang kirim ke laboratorium BTKL Surabaya yakni terdiri dari 3 sampel swab eks penumpang KM Lambelu yang dikarantina terpusat di SCC Sikka, 1 sampel swab lainnya yakni eks penumpang KM Lambelu yang setelah turun dari KM Lambelu langsung dirawat di Ruang Isolasi RSUD Maumere, dan 2 sampel swab lainnya yakni pasutri asal Nebe yang kontak dekat dengan pasien poisitif 01 Covid 19 asal NTT saat berada di Denpasar Bali.

Disinggung jika hasilnya positif, apakah Satgas harus menelusuri lagi beberapa pihak yang erat kaitannya dengan keenam warga yang sampel swabnya dikirim tersebut, kata dia, memang perlu dilakukan penelusuran, khususnya untuk pasutri asal Nebe, sehingga dapat dilakukan antisipasi lebih awal.

Meski demikian, Herlemus sangat berharap agar, hasil swap yang ditentukan oleh Laboratorium BTKL Surabaya tersebut dinyatakan negatif.

“Kalau hasil swab datang negatif, maka besoknya kita langsung pulangkan mereka,” pungkasnya.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya