oleh

Jelang Idul Fitri, PHBI Sikka Siapkan Lapangan Kota Baru Maumere untuk Shalat Ied

-SOSBUD-808 views

MAUMERE, MN – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sikka nampak tengah mempersiapkan lokasi shalat ied perayaan hari raya Idul Fitri bagi umat muslim di Kota Maumere dan sekitarnya di Lapangan Kota Baru Maumere, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka pada Selasa (04/06/2019) 16.00 WITA.

Ketua PHBI Sikka, Drs. Lukman, M.Si yang ditemui Maumere News disela-sela persiapan shalat ied di Lapangan Kota Baru menyebutkan persiapan menyambut shalat ied Perayaan Idul Fitri 1440 H tersebut sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya melalui rapat koordinasi bersama pengurus-pengurus masjid yang ada di Kota Maumere dan sekitarnya.

“Sebelumnya kita sudah lakukan rapat-rapat persiapan dengan beberapa pengurus masjid di Kota Maumere dan tadi pagi kita mulai lakukan persiapan lapangan,” tutur Lukman.

Lukman menambahkan, Shalat Ied dijadwalkan akan dimulai pukul 06.30 WITA tersebut akan diikuiti khusus umat muslim dari 5 (lima) masjid yang tersebar di Kota Maumere. Namum tidak menutup kemungkinan akan diikuti oleh umat muslim dari luar Kota Maumere.

Ditanya mengenai lokasi Shalat Ied perayaan Idul Fitri yang tersebar di Kabupaten Sikka di tahun 2019, Lukman mengatakan berdasarkan data tahun 2018, lokasi shalat Ied berjumlah 32 lokasi. Untuk tahun 2019 pihaknya belum mengetahui pasti jumlah lokasi shalat Ied. Namun Lukman meyakini bahwa jumlah tersebut tidak akan berubah jauh dengan tahun kemarin.

Lukman juga mengaku, tahun ini tidak ada pawai akbar seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karenakan sebagian besar pengurus remaja masjid disetiap masjid yang ada di Kota Maumere sedang melakukan mudik.

Ketua PHBI Sikka tersebut berharap, di perayaan Idul Fitri tahun 2019 ini, umat beragama di Kabupaten Sikka makin memperat tali persaudaraan, menjaga persahabatan yang telah dijaga dan tidak terpengaruh oleh tindakan profokatif dari luar yang akan memecah belah persatuan yang telah dijaga selama ini.

Disinggung mengenai tingginya tingkat toleransi antar umat beragama di Kabupaten Sikka, Lukman mengatakan bahwa semuanya itu bertolak dari sejarah hadirnya Islam pertama di Maumere yang tidak terlepas dari peran penduduk asli Maumere.

Berangkat dari historis tersebut, maka tingkat toleransi antar umat beragama di Maumere sampai saat ini masih tetap terjaga karena sudah tertanam sejak dulu.

Berdasarkan pantauan Maumere News, nampak beberapa anggota Kodim 1603 Sikka tengah mempersiapkan lapangan shalat Ied tersebut. (ACQ-R2)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya