oleh

Jajanan Ketupat Mulai Ramaikan 3 Pasar di Maumere

-EKBIS-752 views

MAUMERE, MN- Jelang H-1 Hari Raya Idul Fitri di Kota Maumere, suasananya mulai terasa. Di sejumlah Masjid, umat Muslim sudah mulai berdatangan untuk membawa Fitra. Para pengurus Masjid pun mulai membersihkan Masjid tempat pelaksanaan Sholat Ied yang dipastikan akan dilaksanakan besok, Rabu (5/6/2019).

Bukan hanya itu, 3 pasar di Kota Maumere yakni Pasar Alok, Pasar Tingkat dan Pasar Geliting, ramai dengan pedagang ketupat. Anyaman ketupat tanpa isi itu, terlihat penuh sesak di masing-masing lapak para pedagang.

Hal itu sesuai dengan pantauan wartawan, Selasa (4/6/2019) di 3 pasar tersebut.

Salah seorang pedagang, Sumiati, saat ditemui maumerenews.com di lapak dagangannya mengaku, berjualan ketupat jelang Hari Raya seperti saat ini adalah musiman.

“Kami memang pedagang sayur. Namun karena jelang Lebaran seperti ini, semua konsumen membutuhkan ketupat, sehingga jauh-jauh sudah saya Persiapkan. Karena setiap tahun seperti itu,” akunya.

Disinggung soal harga jual ketupat, kata dia, harga jual per ketupat sebesar Rp.1.000 per buah. Jumlah ketupat yang dianyamnya hingga mencapai 100 buah, sehingga penghasilannya mencapai Rp.100.000.

Sementara itu, Fatima, salah seorang pedagang mengaku, dirinya dan sejumlah konsumen sangat terbantu saat Lebaran setiap tahunnya, karena ketupat sudah disiapkan oleh para pedagang.

“Biasanya kita sudah langganan setiap tahunnya untuk belanja ketupat di pasar saja. Karena jelang hari raya seperti ini, kita pada umumnya sibuk, sehingga untuk mengayam ketupat sampai tidak ada waktu,” akunya.

Lain dengan Siti, salah seorang pedagang lain mengaku, dirinya memang tidak tahu menganyam ketupat, sehingga pedagang di pasar merupakan langganannya setiap tahun.

Dia juga mengaku, biasanya saat Lebaran, ketupat yang harus dia siapakan cukup banyak, karena selain menyiapkannya untuk tamu-tamu di rumah, tetapi juga dia bagikan keluarga besarnya di beberapa tempat.(YAM-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya