oleh

Jagung Yang Ditanam Gubernur Laiskodat di Konga, Siap Panen

-EKBIS-18 views

LARANTUKA, MN- Kondisi Tanaman Jagung yang ditanam Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat pada lawatannya ke Desa Konga, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur di Senin,27 Juli 2020 silam, kini memasuki usia panen.

Pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Flores Timur pun sedang menanti jadwal kerja Bupati Flores Timur untuk mengaggendakan Panen Jagung hasil Program Tanam Jagung Panen Sapi periode April-September (ASEP) itu.

“Kalau pada lahan TJPS lainnya memang telah di panen! Namun khusus pada lahan 3 hektar yang ditanam secara simbolis oleh Bapak Gubernur NTT dalam Kegiatan Kunkernya kemarin, kini memasuki fase tua. Artinya tinggal menanti waktu untuk panen. Kami pun sudah membangun koordinasi dengan pihak Humas dan Protokol Pemkab Flotim untuk mendapatkan jadwal kerja Pak Bupati, agar kami dapat mengagendakan pelaksanaan panennya,” terang Piet Petara berbinar-binar!

Secara keseluruhan, luas pengembangan jagung program TJPS di wilayah Titehena pada periode ASEP itu 10,7 hektar dengan hasil ubinan, 1 hektar (pada lahan yang sudah panen) menghasilkan 8,5 ton.

Melihat antusias para petani dan hasil yang diperoleh pada program TJPS di periode ASEP tersebut, maka pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sebagaimana yang diutarakan Kadis Petrus Petara Aran meningkatkan luasan pengembangan jagung pada masa tanam OKMAR (Oktober-Maret) ini .

2000 hektar ,demikianlah permintaaan Pemkab Flotim kepada Pemerintah Propinsi NTT untuk TJPS di masa tanam OKMAR ini.

“Hasil ubinan kemarin khusus di Titehena, 1 hektar hasilkan 8,5 ton jagung.Tahun ini kami tidak targetkan 8,namun minimal 5 ton. Kalau pun naik sampai 8,5 maka untuk TJPS minimal 5! Berarti petani sudah bisa beli 2 ekor sapi, karena hitungannya, dari 5 ton tersebut, 1 ton untuk konsumsi ,4 ton-nya untuk jual beli sapi ! harapan akhirnya dari TJPS ini adalah petani kita jual jagungnya kemudian beli sapi,” terang Kadis pengganti Ir. Anton Wukak Sogen itu.(GOE-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya