oleh

Irigasi Tabana Dusun Watutena Sikka Rusak Parah

-EKBIS-390 views

MAUMERE, MN- Saluran irigasi yang dialirkan ke lahan pertanian masyarakat melalui mata air Tabana di Dusun Watutena Desa Hikong Kecamatan Talibura saat ini rusak parah. Kerusakan lebih disebabkan karena termakan usia.

Kepala Desa Hikong, Agustinus Adeo Datus, SP dalam keterangannya membenarkan hal itu, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (27/12/2019).

Dalam keterangannya, dia juga menyebutkan saluran irigasi tersebut pernah dikerjakan oleh kontraktor pada beberapa tahun lalu, namun hasilnya tidak memberikan manfaat bagi pengembangan lahan pertanian khususnya persawahan di kawasan itu.

“Kami belum mampu jika harus dipaksakan dengan menggunakan dana desa. Padahalnya debit airnya mencukupi untuk mengairi lahan persawahan di kawasan itu,” ujarnya.

Dia mengatakan, selain mata air Tabana, ada juga beberapa mata air lainnya yang bisa dikembangkan menjadi sumber irigasi bagi lahan persawahan di beberapa kawasan seperti mata air Helir, Beda Terang dan Biber.

“Kita berharap ada kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah ke depannya, sehingga sejumlah kawasan di desa ini bisa menjadi lahan persawahan sebagai penopang ketersediaan beras untuk Kabupaten Sikka,” pungkasnya.(SON-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya