oleh

Ijin Tinggal WNA, Imigrasi Kelas II TPI Maumere Gelar Sosialisasi

-METRO-200 views

MAUMERE, MN- Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, menggelar sosialisasi ijin tinggal bagi warga negara asing (WNA) di wilayah Kabupaten Sikka, Jumat (24/7/2020).

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Pelita Maumere ini, dihadiri oleh sejumlah pihak, terutama biarawan dan biarawati di Keuskupan Maumere.

Sosialisasi itu bertujuan memberikan informasi terbaru terkait dengan keimigrasian, khususnya bagi warga negara asing (WNA) yang ada di Kabupaten Sikka, terkait dengan kemudahan pengurusan ijin yang diberikan oleh negara kepada para WNA.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Muhammad Wahyuni yang berhasil dikonfirmasi usai kegiatan tersebut menjelaskan, dalam masa new normal atau adaptasi kehidupan baru di tengah masa pandemi covid 19 ini, warga negara asing (WNA) diberikan kemudahan.

“Sejak masa pandemi covid 19 ini, terus terang bahwa layanan keimigrasian menjadi terhambat. Namun dengan kondisi tersebut, kita memberikan ijin kepada mereka yang selama ini menggunakan visa untuk ijin tinggal dalam keadaan darurat,” jelasnya.

Dia menambahkan, terkait dengan pemegang Ijin Tinggal Kunjungan, Ijin Tinggal Terbatas, Ijin Tinggal Tetap, Bebas Visa Kunjungan dan Visa Kedatangan yang masih berlaku sudah bisa diperpanjang dalam jangka waktu 30 hari ke depan.

“Nantinya setelah dilakukan perpanjangan maka ijin tinggal yang bersangkutan akan dikembalikan seperti semula. Oleh sebab itu dalam jangka waktu 30 hari harus sudah diperpanjang,” tegasnya.

Dia menambahkan, saat ini para WNA juga diberikan kemudahan dengan mengurusnya secara online.

“Terus terang, banyak WNA yang ada di sini yang galau dengan kondisi pandemi covid 19 ini dan keberadaan mereka. Untuk itu, kita sangat berharap, dengan sosialisasi ini bisa menjembatani permasalahan yang dihadapi oleh para WNA yang saat ini berada di wilayah Kabupaten Sikka,” ujarnya lagi.

Dia pun mengatakan, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere, akan tetap memberikan pelayanan yang prima kepada mereka, termasuk konsultasi bagi yang ingin mengurus perpanjangan visa mereka di Kabupaten Sikka.(MAR-R1)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya